Prestasi Baru di Hari Rabu

Buat info, saat ini gue dalam keadaan kebelet kencing. Bentar, gue kencing dulu.

Oke, kencingnya udah. Hari ini gue dapet prestasi baru, diketawain sekelas. Kenapa gue bilang itu prestasi? Soalnya itu adalah prestasi.

Krik.

Jadi tadi pagi di kelas pas pelajaran Pendidikan Agama Islam. Pas salah satu kelompok di kelas presentasiin tugasnya, gue bermusyawarah ama temen sekelompok, sebut aja Marisayaantarkan, untuk ngasih pertanyaan (itung-itung buat dapet nilai tambahan). Akhirnya pertanyaan pun tercetus dari mulut baunya Marisayaantarkan yang lupa pake masker. Karena presentasinya ngomongin tentang Malaikat, pertanyan yang tercetus adalah: Mengapa kita harus beriman kepada Malaikat?

Pertanyaan yang menurut gue cerdas.

Abis presentasinya selesai, dibuka sesi pertanyaan. Yang nanya pertama adalah temen, gue keduluan. Gue lupa, kalo mau nanya harus ngangkat tangan dulu, bukan nunjuk tangan. Abis pertanyaan itu dijawab, terus moderator bilang ‘Ada yang mau bertanya lagi?’ gue pun langsung ngangkat tangan. Tapi ga dianggep.

Kampret.

Perhatian guru ama temen-temen di depan malah terseven (tertuju) ama temen gue yang tadi ikutan ngangkat tangan barengan ama temen yang nanya tadi, sebut aja Patah, yang lagi duduk di samping gue. ‘Patah, kamu jadi nanya ga?’ kata Bu Guru Yang Ngajar. Ide berlian gue muncul, gue ngehasut Patah buat ga jadi nanya. ‘Ga usah, Tah. Bilang ga jadi gitu.’ kata gue dengan suara selembut korek api. ‘Ga jadi, Bu.’ abis Patah ngomong gitu, gue langsung ngangkat tangan.

WKWKWKWKWK!!! (ketawa jahat ala ABG).

Tapi tetep ga dipeduliin, si Bu Guru Yang Ngajar malah ngomongin apaan tau. Akhirnya gue yang kesel nan penuh gairah ini ngomong, ‘Bu, saya mau nanya dong!’. Alhasil, gue direspon. Sebagian kecil temen di deket gue pada ketawa, dan Bu Guru Yang Ngajar langsung liatin gue.

Gue ngebuka pembicaraan dengan ngomong ‘Saya Pikri dari kelompok lima.’ dan semuanya pada diem. Hening. Sepi. Sepi... sepi... sendiri, aku benci. Aku ingin bingar, aku ingin di pasar.

Kok gue malah jadi Rangga ya?

Gue yang ga biasa ama suasana diem-diem pengen nampol ini pun mati kutu. Serasa denger suara tangisan dari keluarga kutu yang ditinggalkan dari kepala gue. Apa boleh buat, gue harus ngelakuin sesuatu biar kelas rame. Gue yang dengan tampang pemuda doyan baca cerita porno pun membalikkan badan, menghadap ke semua temen-temen gue di belakang, dan ngangkat tangan setinggi bahu dengan telapak tangan terbuka ala tukang parkir nyuruh berenti sambil bilang pelan, ‘Santai... santai... santai....’. Dan sontak ampir semua orang di kelas ketawa, termasuk Bu Guru Yang Ngajar. Padahal ga lucu-lucu amat (baca: emang ga lucu).

Misi bikin kelas rame pun sukses. Dilanjut dengan gue ngomong, ‘Saya mau bertanya, kenapa kita harus beriman kepada malaikat?’. Kelas jadi hening lagi. Ga ada suara. Diam. Diam dan merenung. Merenungkan jalan yang ‘kan membawaku pergi.

Tadi Rangga, sekarang Cakra Khan, apa sih mau gue!?

Belom aja temen-temen gue yang lagi presentasi ngejawab, Bu Guru Yang Ngajar langsung ngomong ke gue, ‘Emangnya selama ini kamu ga percaya ada Malaikat?’. Anjrit. Malu. Mati kutu. Salah tingkah. Kuping keram. Bibir pecah-pecah. Leher kecengklak. Upil meledak. Bola mata kanan pindah ke kiri, bola mata kiri pindah ke kanan.

Krik.

Gue diem seribu dua ratus tiga puluh empat bahasa. Tapi secara aneh bin ajaib, bukan sulap bukan sisir, abis Bu Guru Yang Ngajar ngomong gitu, sekelas pada ketawa. Gue cuma bisa diem nundukin kepala sambil nahan ma[l]u. Gue yang ga mau pencitraan gue jadi buruk gara-gara pertanyaan tadi langsung ngomong dengan suara lantang ke pelopor pertanyaan tersebut yang ada di belakang gue (yang ternyata dia juga ikutan ketawa), Marisayaantarkan, ‘Woy lu, bantuin gue dong!! Gue lagi nahan malu nih!!!’. Bukan bantuin, malah si Marisayaantarkan kampret ini ketawanya makin menjadi-jadi.

Kampret (lagi).

Gue cuma bisa duduk diem nundukin kepala sambil nunggu ajal. Ga ada yang bisa gue lakuin selain....

Hmmm.... selain....

Selain....

Selain duduk diem nundukin kepala sambil nunggu ajal.

Kayaknya itu kali pertama gue diketawain sekelas di SMA. Abis kejadian itu, temen yang duduk di samping Marisayaantarkan, Xenia, bilang ke gue, ‘Malu lu. Diketawain sekelas.’. Gue ga tau lagi waras atau ngga, tapi kalimat itu kedenger kayak pujian yang datengnya dari Presiden Kekaisaran Jepang. Walaupun gue ga tau Presiden Jepang itu siapa.


PS: Udah tiga jam gue ngeluarin buku Sejarah Indonesia yang besok mau ulangan, tapi ga ada selembar halaman pun yang gue baca, juga ngebuka buku Matematika yang ada PR-nya, tapi ga ada satu pun yang gue kerjain. Dasar pemuda tak bersemangat sekolah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nonton Stand Up Fest 2015 #2

Sampaikan di Tempat yang Tepat

Artikel Ini Dikejar Umur