Akhirnya Dicukur Lagi

Buat yang mau tau gue dikasih duit (buat cukur) berapa ama nyokap, gue dikasih Rp20.000. Buat yang mau tau gue bayar berapa ke tukang cukur somplak, gue bayar Rp10.000 (beda dari dugaan). Buat yang mau tau ini lagi ngomongin apaan, makanya baca pos sebelumnya!

Bay deu wey, akhirnya gue cukur lagi. Sekarang potongan rambut kelamin, eh rambut kepala gue mirip kayak pas gue kelas 9 menjelang UN. Bedanya yang sekarang itu dikerik (bukan diketik). Buat yang ga tau kayak gimana potongan rambut gue pas kelas 9, makanya satu sekolah ama gue!

•••

Rencananya kemaren lusa itu gue pengen cukur lagi besoknya pada jam duaan (maksudnya pada sekitar jam dua, bukan jam berdua). Tapi Dewi Fortuner berkata lain. Pas besoknya gue bangun jam delapanan terus tidur lagi, bangun lagi jam sebelasan terus tidur lagi, bangun lagi jam satuan terus ga tidur lagi. Tadinya pengen gue, abis bangun ku terus mandi, tidak lupa menyikat WC,

Apaan sih?

Tadinya pengen gue, abis bangun itu makan terus shalat Dzuhur terus berangkat cukur. Tapi ga jadi. Abis makan, nyuci piring, nyuci tangan, dan menyucikan diri gue malah lama nonton TV, nonton Ra-One.

Iya gue tau itu film India. Tapi seru, bego.

Pas jam duaan gue baru shalat Dzuhur.

Astaghfirullah.

Abis itu gue ganti kaos gue. Bukan karena gue bego, pengen cukur tapi ganti pake kaos yang masih bersih, tapi ini karena gue ga bego-bego amat. Gue ganti karena pas itu gue lagi pake kaos "seragam" study tour kelas 9, gue ga mau pas abis cukur di jalan ada temen atau guru SMP ga sengaja ketemu terus ngejek sambil ngetawain gue diiringi dengan jari telunjuk tangannya mengarah ke gue. Akhirnya gue ganti pake kaos merah kusut yang lama ga dicuci dan masih ngegantung (sebenenya bukan ngegantung sih, soalnya gue sangkutin begitu aja) di lemari.

Gue ambil topi, duit 10.000 dua, kunci rumah, matiin TV, ngunci pintu, dan cabut. Gue bawa kunci rumah soalnya di rumah lagi kosong, ortu pergi pas gue makan tadi. Kali ini gue pergi ke pangkas rambut yang beda, tapi masih dalam jangkauan "deket" dari rumah. Nyampe sana gue kira ngantriin tiga orang, taunya ngga. Dua orang di situ taunya lagi nyantai dulu di situ. Di situ tarifnya anak-anak 8000, dewasa 10.000, kayaknya sama juga ama pangkas rambut yang kemaren gue datengin.

FYI, yang lagi cukur di situ malah curhat ke si abang tukang cukur, dan dia cuma bayar tarif 8000.

Bagian gue pun tiba. Gue duduk di kursi panas terus langsung ngomong, 'Setengah senti, bang!'. Abis makein jubah halilintar ke gue, si abang tukang cukurnya bilang, 'Setengah sentinya ratain?'.
'Iya.' jawab gue.
'Padahal masih pendek ini.' kata si abang dengan senyum minta ditampol, 'Disuruh guru ya?' lanjutnya.
'Iya.' jawab gue biar cepet.
'Setengah senti? Bukan satu senti?' tanya dia lagi.
'Iya.' jawaban gue biar cepet yang tadi ga berhasil, semoga kali ini berhasil.

Pencukuran rambut gue pun dimulai dengan pengecekan bego si abang tukang cukur. Dia nyukur rambut bagian kanan gue pake mesin rumput, eh mesin cukur rambut yang ga pake item-itemnya (buat nentuin ukuran potongan), yang artinya buat bikin setengah senti. Abis itu dia malah bilang, 'Segini?'. Jawaban gue satu-satunya cuma, 'Iya.'. Karena ga mungkin di situasi rambut udah kepotong ganas gitu gue bilang, 'Ngga, itu mah kependekan. Panjangin lagi!'.

Kepala gue pun jadi mirip kulit melon secara perlahan. Gue pun dikerik lagi, walaupun baru dikerik. Soalnya pas dicukur sebelomnya gue ngerasa kerikannya ga rapih. Dengan perintah yang sama, 'Cambangnya jangan dikerok ya!'.

Gue ga typo. Gue bilangnya emang 'dikerok'.

Cukur pun selesai. 'Berapa, bang?' tanya gue ke si abang. Dia jawab, 'Sepuluh rebu.'.

Kayak ada yang ga beres.

Padahal tadi pelanggan dia sebelomnya mukanya lebih tua 20 tahun dari gue, tinggi badannyanya sih ampir sama, tapi kenapa gue harus bayar 10.000? Sedangkan si Mutu (muka tua) cuma 8000. Apakah ini karena faktor si Mutu pas cukur curhat ke abangnya? Entahlah. Pas Mutu dicukur, dia sempet ditanya ama si abangnya, 'Kelas berapa?' dia ngejawab, 'Tiga $#%.', gue ga tau dia bilang 'SMP' atau 'SMA', soalnya suara dia pelan (maksudnya suara dia itu kecil, bukan pelan kayak lagi di-slow motion). Harusnya yang dianggep anak-anak tuh gue, si Mutu dianggep dewasa.

Apa boleh buat, gue kasih aja langsung uang 10.000 ke abangnya, biar ga ada keributan. Dan sisa duit yang dikasih nyokap tadinya pengen gue tabung tapi akhirnya dipake juga, habis tak bersisa. Tapi kayaknya gue sadar kenapa gue diminta bayar 10.000. Kayaknya itu karena gue dianggep dewasa ama abangnya. Karena gue ga banyak omong (apalagi curhat) dan kalem aja pas dicukur. Akhirnya ada juga yang nganggep gue dewasa. Dan akhirnya sekarang kepala gue mirip bola deodorant di kasih pasir dikit

PS: Semoga aja di sekolah ga ada yang ngejek gue sambil ngetawain plus nunjuk-nunjuk kepala gue.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nonton Stand Up Fest 2015 #2

Sampaikan di Tempat yang Tepat

Artikel Ini Dikejar Umur