UTS Tinggal Sehari dan Permasalahan Yang Ada

Musuh terbesar dalam belajar: MALES.

UTS gue kali ini dipenuhi dengan males yang tak terkira. Kayak sekarang, besok masih UTS tapi gue masih belom belajar. Kayak gue udah tau aja, kalo gue bakal sukses tanpa sekolah. Ga tau kenapa gue terlalu nganggep gampang UTS kali ini. Kegiatan gue sekarang kalo abis pulang sekolah kalo dipersentasiin adalah:
40% tidur
35% buka gadget
22% leha-leha
3% belajar.

Sungguh memprihatinkan.

Padahal di event-event ulangan sebelomnya, gue itu rajin banget belajar. Sampe pernah dulu, gue gelar alas tidur di ruang tamu ama di dapur cuma buat dapet posisi wuenak buat belajar. Perjuangan buat belajar abis-abisan. Walopun ujung-ujungnya gue ketiduran.

Ada beberapa faktor yang bikin gue sekarang jadi males-malesan belajar. Yang pertama, pelajarannya banyak banget. Di jadwal, pelajaran yang di-UTS-in udah kayak bentuk formasi sepakbola satu RT, 4-3-4-5-2.

Parah abis.

Hari pertama 4 pelajaran, hari terakhir cuma 2 pelajaran. Kayak kata pepatah: berakit-rakit ke hulu, berenang-renang kesempitan.

Yang kedua, materinya kebanyakan. Gue suka males kalo udah liat kisi-kisi yang seabrek. Walopun satu kisi-kisi yang disebutin itu buat satu soal, tetep aja gue ngerasa pengen ngebakar aja tuh yang ngebuat kisi-kisi. Emangnya begal doang yang bisa!?

Kayak hari ini, gue ga belajar sosiologi gara-gara materinya kebanyakan (padahal dikit). Terus tadi pas ulangan gue ga tau mesti jawab apa. Untungnya tuh soal cuma pilihan ganda doang, jadi gue ngisi jawaban yang menurut gue bener aja. Sisanya? You know-lah.

Ada satu soal yang ngebingungin gue, satu pihak jawab D, pihak yang laen ngejawab B. Gue bingung abis. Pihak yang satu itu ialah orang yang suka diburu jawabannya ama temen sekelas, sedangkan yang satunya lagi itu temen seperjuangan gue (dalem hal you know-lah). Gara-gara gue ga terlalu percaya ama si orang yang suka diburu itunya, maksud gue jawabannya, akhirnya gue ngikutin jawaban dari temen seperjuangan. Pas ulangan selesai, gue baca materi yang tadi muncul di soal. Pas gue mastiin jawaban yang bener dari soal yang ngebingungin gue itu. Dan ternyata...

Jawaban gue salah.

Jawaban yang bener itu dari temen gue yang suka diburu itunya (jawabannya). Padahal si jawabannya ada di awal kalimat paragraf pertama. Yang belajar pasti bakal inget tuh ama itu bacaan. Soalnya, tulisannya ketara banget. Bener-bener ada di awal kalimat. Bener-bener dah... Bego banget.

Yang ketiga, ga tau apa yang mau dipelajarin. Kayak sekarang. Besok itu pelajaran seni budaya ama TIK, tapi gue ga tau besok yang bakal diulang apa.

Bener ga sih 'diulang'? Soalnya kalo ujian kan 'diuji', ini ulangan.

Kata temen gue, besok seni budaya bukan ulangan materi. Kata temen gue yang laen, besok itu ulangan seni budayanya nari. Mampus. Ngapalin gerakan senam aja gue ga becus, apalagi nari!?

Padahal setau gue di sekolah itu belom diajarin yang namanya tari-tarian. Baik itu tari jaipong, tari topeng, tari erotis, atau tari telanjang. Intinya belom diajarin. Tapi kok muncul di ulangan ya?

Selain seni budaya, besok juga ada TIK (T..bla..bla..bla..bla.. Informasi dan Komunikasi). Gue lupa 'T'nya itu singkatan dari apa. Tapi ga penting, intinya TIK itu ngepelajarin tentang komputer. Pelajaran yang pernah gue agung-agungkan semasa SD sampe SMP. Selain gampang, cita-cita gue sekarang masih berbau komputer.

Kata temen gue (lagi), besok TIK cuma nyebutin 10 hardware ama pengertiannya. Tapi buku catetan yang termasuk satu-satunya sumber ilmu buat belajar yang di dalemnya ada tugas nyebutin + ngejelasin hardware komputer sebanyak-banyaknya malah dikumpulin, sampe sekarang belom dibalikin.

Parah tingkat gembel.

Gue suka rada kesel ama yang beginian. Udah tau mau ulangan, tapi buku belom dikembaliin ke murid. Mau ga mau mesti belajar lewat buku laen atau ngga lewat internet. Di sinilah permasalahannya...

Untuk belajar TIK sekarang gue mesti belajar lewat internet, buat belajar lewat buku SD atau SMP gue udah ga mungkin. Soalnya udah ditumpuk di tumpukan buku lama, kalo dicari bisa-bisa ngabisin banyak waktu (bilang aja males). Inilah masalahnya, belakangan ini jerawat di muka gue semakin merajalela. Gue curiganya gara-gara gue sering maenan hape yang sambungan datanya nyala dalam waktu yang lama. Kata temen gue, hal yang kayak gitu bisa ngaruh nimbulin jerawat.

Gawat.

Emang iya sih, dari hari pertama gue belajar buat UTS kalo lagi males belajar, gue maenan hape. Kadang buka sosmed, kadang maen game online, kadang browsing, kadang buka situs porno. Seringnya sih yang terakhir.

Kadang ga nanggung-naggung, maenan hape dari batere full sampe batere low gue jabanin. Makanya sekarang timbul keparat-keparat kecil di muka gue. Tadi pagi tiba-tiba gue liat ada jerawat baru di atas alis kanan gue, padahal kemarennya belom ada. Gara-gara tuh jerawat udah menguning, gue langsung pencet aja tuh jerawat sampe dalemannya keluar. Alhasil, sekarang jerawatnya mengecil tapi ada bekas luka. Itu masih mending cuma satu yang muncul, pas kemaren Senin tiba-tiba muncul tiga jerawat sekaligus di jidad kiri gue. Iya gue tau jidad itu cuma satu, intinya jerawat yang tiga itu muncul di jidad sebelah kiri gue.

Baru-baru ini, masih baru banget, nih masih anget, muncul jerawat lagi di bawah alis kanan gue. Ebujubuneng, baru aja tadi pagi muncul jerawat di atas alis kanan, sekarang muncul lagi di bawahnya. Gue curiga keluarga jerawat di muka gue bales dendam gara-gara ga rela salah satu kerabatnya baru aja gue kempesin tadi pagi. Ini semua gara-gara SUBUR!!!!

Loh?

Gue ga mau ada pertambahan penduduk lagi di muka manis gue, makanya sekarang gue ngetik pos ini sambil pake buff + topi buat nutupin muka gue, kayak begal nyasar. Awalnya gue make buff buat nutupin full face kayak helm SNI, tapi gara-gara gue jadi susah ngeliat apaan yang lagi gue ketik, buff-nya gue turunin biar mata gue bisa ngeliat bener terus jidad gue tututupin pake topi. Inget, topi! Bukan kolor!

Jadi inti dari cerita ini adalah, jangan belajar pake gadget. Apalagi kalo sambungan datanya nyala. Kalo tetep mau belajar pake gadget, jangan lupa pake pelindung wajah, boleh pake buff, masker, kacamata, topi, atau yang lainnya. Tapi jangan kolor, enek liatnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nonton Stand Up Fest 2015 #2

Sampaikan di Tempat yang Tepat

Artikel Ini Dikejar Umur