Jangan Lupa Makan Sebelum Jogging

Umur makin hari makin tua. Gitu juga rambut, makin hari makin panjang. Rambut gue yang dua bulan lalu masih pendek banget kayak rambut babi baru lahir, sekarang udah berdiri-berdiri ga karuan kayak landak kecebur got.

Sebenernya dari beberapa hari lalu gue pengen cukur, tapi niat itu sirnah. Soalnya menurut gue masih pendek. Gue berpedoman tanda rambut udah panjang itu kalo rambutnya udah bisa disisir. Makanya gue ga jadi cukur, soalnya nih rambut belom bisa disisir. Sekalinya disisir, berdiri lagi. Kayaknya rambut gue demen banget mikirin hal-hal jorok.

Eniwey, kemaren gue beserta sodara-sodara sesama bermasa depan suram pergi jogging ke car free day Bogor di Sempur.

Tepuk tangan.

Inget! Jogging ama jigong itu beda.

Tapi dengan gobloknya, semalem sebelom hari H gue begadang. Ya, ga tidur sampe jam setengah empat. Ngapain? nonton film. Alhasil, gue cuma tidur satu jam lebih 45 menitan. Soalnya gue mesti bangun sepagi mungkin. Namanya juga mau jogging pagi, jadi mesti pagi-pagi biar masih sepi. Beda ama ngeronda.

Gue dibangunin ama sepupu gue, Dhie, jam 5 lebih 15 menitan. Gue dibangunin ama dia soalnya gue lagi nginep di rumahnya, lebih tepatnya nginep di rumah orang tuanya. Dengan penuh birahi, gue maksain bangun. Walopun mata masih lengket ama belek.

Pas lagi siap-siap, gue ngerasain laper banget. Soalnya semalemnya gue belom makan. Sebenernya sih makan, tapi cuma ngemil, sebates upil ama bulu idung doang. Itu kan ga bikin kenyang.

Pas gue minta makan ke si Dhie, mangap-mangap sambil masukin tangan ke mulut kayak gembel kelaperan, dianya cuma ngetawain doang. Apalah daya, gue mesti berangkat dengan perut kosong. Usus ama empedu gue juga ikutan ga ada. Perut bener-bener kosong.

Akhirnya gue, Dhie, ama sodaranya dia, si Budi berangkat ke rumah kakek gue dulu yang jaraknya ga jauh. Nyamper abang gue, Rakha, soalnya dia mau ikutan jogging juga. Sebenernya yang mau ikutan jogging selain kami masih ada lagi, temennya si Budi. Dia cewek, katanya sih dia anak baik-baik. Dia disuruh ke Sempur duluan, soalnya rumah dia lebih deket ke pasar daripada ke pangkas rambut.

Ga nyambung.

Singkat cerita, akhirnya kami udah keluar komplek. Pas udah sampe di samping kantor bokapnya Dhie, kami semua mulai jogigng. Ga boleh berenti, ga boleh liat samping, ga boleh liat belakang, mesti liat ke depan terus. Kata Dhie, kalo di situ kita ngeliat ke samping atau ke belakang, kita bakal ngeliat hantu si penunggu daerah situ. Itulah motivasi kami yang ngebikin terus-terusan lari dari situ sampe keluar komplek lagi.

Super.

Gue maksain jogging sampe organ dalem gue ada yang sakit. Gue ga tau itu apaan, posisinya ada di dalem perut bagian kanan. Gue ga mau berenti atau jalan, bisa-bisa gue ada di posisi paling belakang, terus kebetulan pas itu di situ cuma ada kami berempat doang. Gue takutnya mentang-mentang gue ada di paling belakang, si hantunya nyamperin gue terus bilang, 'Saya gendong aja ya?'

Gila, serem abis.

Tapi akhirnya gue berasil keluar komplek dengan selamat di urutan pertama.

Tepuk tangan.

Lanjut, pas nyampe daerah Air Mancur, tepatnya samping museum Peta, si Dhie ngajakin gue lari sprint bareng dia. Gara-gara di dalem perut gue masih sakit, gue mutusin buat ntar aja. Akhirnya dia ama Rakha yang nyeprint kebut-kebutan di depan gue. Gue ama Budi cuma bisa jalan santai berdua kayak orang homo.

Sepanjang jalan, gue atur nafas supaya organ yang di dalem perut gue yang sakit cepet bener. Pas udah mendingan, gue nyeprint ninggalin si Budi gara-gara dia nolak gue ajakin. Gue lari sampe ngedeketin si Dhie ama Rakha. Bukannya gue ga mau langsung ngedeketin mereka, tapi gara-gara gue ga kuat aja.

Dan di sinilah cerita bermulai....

Pas si Budi udah bareng lagi, akhirnya kami berempat jalan santai sambil ngobrol. Gue ngerasa ada yang ga beres ama perut + aus banget.
'Hadeuuh....' kata gue refleks.
'Kenapa loe?!' saut Dhie.
'Aus.'
'Yee, kirain kenapa. Sama atuh. Ntar mampir dulu aja ke Circle K loe beli minum.'
'Uangnya mana?'
'Nih.' jawab Dhie sambil ngasih duit

Dan malang bukan kepalang, surabaya bukan washington. Pas nyebrang, kepala gue mulai berat, mata gue berkunang-kunang. Gue jalan sambil stay cool, supaya yang laen ga curiga. Pas udah ampir sampe Circle K, gue ngerasa mual, kepala jadi pusing, kunang-kunang di mata makin banyak.
'Eh ini yang beli minum jangan aku, ga kuat.' kata gue, gara-gara lagi ga beres, percampuran dengan bahasa cewekpun ga bisa dihindarin.
'Oh ya udah. Bud, beliin, Bud!' kata Dhie sambil ngambil uang dari tangan gue.

Jalan gue mulai ga beres. Keringet dingin mulai bercucuran.
'Ih gila, Pik. Loe pucet banget.' kata Dhie.

Ya, P-U-C-E-T. Kayak orang mati.

'Loe ikut masuk ga?' tanya Dhie.
'Ngga. Aku duduk aja di situ.' jawab gue sambil nyelonong ke emperan di samping Circle K.

Terus gue duduk di situ dengan diiringi ribuan kunang-kunang yang tambah banyak di mata gue, dan kepala yang pusing setengah mati.

'Loe pucet banget, Pik. Mau minum apa loe?' tanya Dhie.
'Pokari yang ga dingiin.' jawab gue dengan sedikit dipaksain.
'Yang dingin?'
'Ngga dingiin.'
'Yang dingin?'
'Yang ngga dingiin.' dasar conge.

Dhie ama Rakha masuk, gue di luar ditemenin si Budi. Dan kepala gue makin ga kompromi, mata udah ampir gelap semua, keringet udah ga karuan, serasa pengen tiduran. Tapi gue usahain biar ga tiduran, bukannya apa-apa, tapi lantainya kotor.

Terus Dhie keluar sambil ngasih sebotol Pocari Sweat ke gue. Gue tunggu beberapa detik dulu nunggu kepala ga pusingan. Pas gue pegang tuh botol,
'Yang ngga dingiin!' kata gue, soalnya dia malah ngebeliin yang dingin.
'Ga ada. Adanya yang dingin semua.'

Apa boleh buat. Daripada ga sama sekali, mending gue minum.
'Emang loe kenapa si?' tanya Dhie.
*hening sesaat*
'Belom makaan.' kata gue dengan lantang.

Terus gue dibeliin roti. Abis itu kami duduk-duduk aja di emperan, nunggu gue mendingan. Pas kami udah ampir sampe Sempur gini, si temennya Budi taunya masih di rumah. Padahal dia janjinya mau berangkat jam 5:15, tapi sampe jam setengah enem lewat, dia belom juga berangkat.

Kurang lebih 5 menit, gue udah mendingan. Akhirnya perjalanan ke Sempurpun dilanjutin dengan riang gembira.

Temennya Budi? Ditinggal.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nonton Stand Up Fest 2015 #2

Sampaikan di Tempat yang Tepat

Artikel Ini Dikejar Umur