Udah Beda Jaman

Ngomongin media sosial, dulu pas gue SD, booming banget yang namanya Facebook. Ampe ada temen gue yang punya lima akun Facebook. Gue ga tau faedah dia bikin banyak akun buat apa. Mungkin dulu kira temen gue itu makin banyak akun, makin banyak pahala. Makin banyak akun, makin banyak rezeki. Makin banyak akun, makin banyak jodoh. Makin banyak akun, makin banyak anak. Makin banyak akun, makin jelek muka bokap loe. Mungkin.

Ampe suatu ketika, gue ikutan bikin akun Facebook. Ingetan gue yang masih melekat adalah nama-nama orang di Facebook waktu itu. Nama belakangnya pada aneh-aneh, kayak nama spesies mamalia yang punya kuping di pantat tapi salah gaul. Harapannya biar dibilang gaul, tapi jatohnya jadi alay. Jadi jangan heran kalo dulu gue ikut-ikutan sering gonta-ganti nama akun, itu karena faktor lingkungan.

Pas gue SMP, pas gue lagi aktif-aktifnya maen Facebook, temen-temen pada udah jarang nongol lagi di beranda Facebook gue. Taunya mereka udah ganti maenan ke Twitter. Anjrit, giliran gue udah fasih maen Facebook, yang laen malah ninggalin. Akhirnya gue ikutan bikin akun twitter. Tapi gue ga bisa maeninnya. Mau ga mau, harus balik maen Facebook lagi. Emang udah jadi nasib pemuda yang kepintarannya ga ngelebihin dari seekor kukang bencong.

Akhirnya pas kelas 2 SMP, gue coba aktif maen Twitter. Pas gue udah fasih maen Twitter, gue ngerasa ada perbedaan antara Facebook ama Twitter. Kalo di Twitter ga bisa sembarangan nge-follow orang, soalnya belom tentu bakal di-follow back. Bisa-bisa following-nya 1000 lebih banyak daripada followers-nya, itu malu-maluin banget. Kalo di Facebook, bebas nge-add siapa aja, 90% ujung-ujungnya bakal di-confirm.  Gue juga ngerasa beberapa pengguna Facebook makin kesini, makin norak. Banyak status galau yang ampe berbaris-baris, bahkan sampe ada yang bersambung. Yang ada adalah, status begituan ama cerpen jadi ga ada bedanya.

Ampe suatu ketika, gue pengen ngetes, orang Facebook itu beneran norak atau ngga. Waktu itu gue bikin status, kalo ga salah kayak gini ‘Tuh kan, orang Facebook pada norak-norak.’. Terus ada satu orang yang ga gue kenal tapi jadi temen (faktor sembarang nge-add orang) komentar, kalo ga salah kayak gini ‘Apa lu goblok, ribut sini lu!!!’. Perkiraan gue bener. Di media sosial aja ga bisa jaga omongan, itu kan norak. Abis itu gue langsung apus statusnya. Gue takut diincer ama yang ngomen itu. Takutnya pas gue ama dia ketemuan, dia ngajak berantem beneran. Kan ga lucu, masuk TV gara-gara berantem, penyebabnya hal sepele pula.

Mulai dari situ, gue udah jarang banget buka Facebook. Gue udah rutin hadir di Twitter.

Pas gue SMA, beberapa bulan sebelom tahun 2015, gue sempet vacuum dari Twitter. Vacuum sendiri gue ga tau artinya apaan, gue pake kata itu biar keren aja. Gue vacuum gara-gara pas itu twit gue udah nyampe 2014. Terus pas tahun baru, gue pengen ngetwit ‘Selamat tahun baru ke-jumlah twit gue saat ini.’. Keren kan ide gue?

Selama berbulan-bulan itu, buat ngeutarain kata-kata [ga] penting di otak gue, gue mutusin buat maen Path. Soalnya temen-temen banyak juga yang maen Path. Ternyata maen Path seru juga.

Dikira maen petak umpet kali seru.

Akhirnya setelah 2015, dan setelah ngetwit kata sakral itu, gue kembali aktif di Twitter. Pas gue lagi aktif-aktifnya di Twitter, gue ngerasa ada yang berubah. Seperti kata pepatah, “Aku yang dulu bukanlah yang sekarang”, temen-temen gue udah jarang nongol di timeline. Mereka udah ganti maenan lagi ke Path. Anjrit, lagi-lagi pas gue udah fasih-fasihnya ama media sosial yang sering dimaenin temen-temen, gue malah ditinggal. Kebiasaan macam apa ini!? Sekarang yang jadi masalah adalah, kenapa gue bisa-bisanya nganggep lirik lagu sebagai PEPATAH!!??

KENAPAAA!!!???

Oke yang tadi ga usah dipikirin. Kembali ke laptop. Tiap kali gue nyalain data paket, selalu ada notifikasi pemberitahuan dari Path. Selalu. Ngasih tau kalo temen gue abis ngepos sesuatu di Path. APA PENTINGNYA COBA!?

Tapi gue sadar, kalo sesuatu itu ga bakal bertahan lama, sesuatu bakal ditinggalin seiring jaman. Kayak kentut, kalo yang ga bunyi pasti bau. Kenapa malah nyambung-nyambung ke situ? Bodo, ga usah dipikirin. Pokoknya sesuatu itu ga bakal bertahan lama, kayak maenin media sosial. Yang dulunya maen Facebook, gara-gara bosen dan perkembangan jaman, akhirnya pindah ke Twitter. Yang tadinya maen Twitter, gara-gara bosen dan biar dibilang anak gaul, akhirnya pindah ke Path. Semua itu bakal udahan pada waktunya. Kayak kemaren, gue sempet maen Age of Silent, abis gue nyelesein level 5, game-nya udahan, kalo mau lanjutin maen ke level berikutnya harus beli dulu. Gembel tuh game.


Untuk penutup, berhubung hari ini lagi Imlek, gue pengen ngucapin:
SELAMAT TAHUN BARU IMLEK 2566 BAGI YANG MERAYAKAN
GONG XI FA CAI
MOHON MAAF LAHIR & BATIN

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nonton Stand Up Fest 2015 #2

Sampaikan di Tempat yang Tepat

Artikel Ini Dikejar Umur