Nyari Koala Malah Dapet Martabak

Jadi ceritanya tadi malem, gue, nyokap, bokap pengen ke mall. Pengen nyari baju batik buat dipake hari Minggu ini di pernikahan sodara sepupu, soalnya gue ga punya baju batik lagi selain baju seragam batik sekolah, juga sekalian sambil nyari kado buat beliau.

Makna "nyari" di atas itu adalah mencari barang terus dibeli, bukan mencari barang terus dicolong.

Ingat!

Gue ga bakal nyolong di tempat rame.

Berhubung ga nemu batik yang cocok, akhirnya bokap mutusin buat nyari kado dulu. Tempat yang dituju adalah [kalo kata orang Sunda mah] Inporma. Abis beli barang yang diperluin, bokap ditawarin promo gitu ama mbak-mbak Inpormanya. Jadi bokap harus diwawancarain dulu buat ngisi selembaran apaan tau.

Gue ama nyokap cuma bisa nunggu sambil duduk sembari sesekali ngeliatin bokap dari kejauhan yang lagi diwawancarain ama mas-mas yang kalo diliat dari tampangnya kayak homo-homo yang pernah gue liat di Google.

Nunggu lama sambil duduk sambil diliatin orang-orang sambil sesekali dilemparin duit gopek'an itu bete banget. Gue ajak nyokap buat duluan ke bawah nyari baju lagi, tapi nyokap ga mau. Akhirnya gue mutusin buat ke bawah sendiri. Tapi hal itu gue urungkan, soalnya gue ga tau letak eskalatornya di mana. Sebenernya di deket gue ada eskalator, tapi gue takutnya eskalator itu bikin gue nyasar. Gue tanya nyokap, dia ga tau juga. Sama aja.

Gue ajak nyokap lagi buat ke bawah duluan, juga ga mau lagi. Tapi kali ini reaksinya beda, abis nolak, nyokap malah ngomelin gue, katanya, gue ga bisa anteng. Karena gue ngerasa di situ bukan rumah sendiri yang bisa diomelin tanpa harus nanggung malu karena didenger orang, gue langsung cabut. Gue ngikutin sepasang suami istri (kayaknya) di depan gue yang lagi jalan ke eskalator di deket gue tadi. Dan akhirnya, gue sampe juga di bawah lantai itu, ga nyasar. Gue bangga banget.

Abis selebrasi dengan cara selfie bareng kakek-kakek yang lagi maen sepatu roda, gue langsung cabut ke Gramedia. Pas gue udah deket Gramedia, ada segerombolan kru kayak mau bikin film, ama abege-abege geli yang pada pake kaos pink. Kayaknya bakal ada syuting launching buku. Gue cepetin langkah kaki gue, siapa tau ini kesempetan gue buat masuk TV. Seengganya masuk kamera yang biasa buat bikin film di TV-lah. Dan bener, pas gue masuk, di dalem lagi pada siap-siap buat syuting. Sayangnya yang dimasukin ke kamera cuma orang tertentu doang (baca: segerombolan abege geli pake kaos pink), kalo abege lusuh tampang geblek kayak gue udah pasti ga bakal bisa.

Tujuan gue ke Gramedia pengen beli buku barunya Raditya Dika, Koala Kumal. Tapi pas gue cari di rak novel, Koala Kumal ga ada. Gue cari di rak yang isinya kumpulan bukunya Raditya Dika, juga ga ada. Gue cari di rak peternakan, juga ga ada. Gue cari di dalem rok mbak-mbak Gramedianya, malah digampar.

Akhirnya gue mutusin buat beli pensil warna yang isinya banyak. Tapi apa daya, perkiraan gue pensil warna yang isinya 32 itu palingan harganya 50 rebuan dan ga lebih dari 100 rebu, pas gue liat ternyata harganya 16450852517800,333.

Gue ga bisa inget harga aslinya berapa, saking shock-nya.

Alhasil, gue ga jadi beli. Sayang duit, kecuali kalo pake duit orang tua. Akhirnya gue beli pensil mekanik ama marking pen, yang kalo dijumlah, harganya ga mahal-mahal amat untuk versi pelajar setara gue. Abis itu, gue lanjutin nyari buku lagi. Gue masih ga yakin kalo Koala Kumal ga ada di rak.

Pas di deket rak novel, gue liat di tumpukan bawah ada bukunya Fico, Martabak Asam Manis. Kebetulan buku itu lagi gue pengenin juga. Ga tau pengen gara-gara faktor pribadi, atau pengen gara-gara ngidam, gue ga tau juga. Abis itu gue lanjutin nyari Koala Kumal lagi, sambil di tangan kiri megangin bukunya Fico, juga kresek yang isinya pensil mekanik + spidol.

Pas lagi anteng-antengnya nyari, nyokap nelfon, nanyain lagi ada dimana, terus nyuruh gue nunggu di situ. Di situ juga gue ketemu ama kakak kelas, cewek, pas UAS pernah seruangan ama gue, tapi gue ama dia ga kenal-kenal amat, sebatas tau-tauan doang. Biar dia ngira gue itu orang yang cerdas dan dapat membangun bangsa dengan baik, di situ gue sok-sok'an mampir ke rak filsafat. Juga sekalian sok-sok'an baca buku dari rak situ.

Mungkin aja di sekolah, pas gue lewat di depan dia, dia langsung ngomong ke temen-temennya, "Eh tau ga, kemaren kan gue ketemu dia di Gramedia. Dia baca buku-buku filsafat gitu. Pasti dia pinter. Cowok idaman gue bangeet...".

Awyeah!

Abis dari rak filsafat, gue ke rak kesenian. Lagi anteng-antengnya baca buku di situ, bokap nyokap dateng. Dari kejauhan gue liat bokap ngarahin kamera HP-nya ke gue. Kebiasaan kampret. Ga kenal situasi, maen jepret-jepret aja. Gue yang kesel langsung balikin badan terus balikin buku ke tempatanya terus jalan ke rak laen terus nyusruk ke pantat mas-mas yang lagi nonggeng.

Yang terakhir itu boongan.

Gue ga suka difoto-foto bokap bukannya apa-apa, dia motonya pas gue lagi berdiri sambil baca buku. Takutnya ujung-ujungnya dia bakal ngedit foto gue pake tulisan di dalemnya "Modus pencurian. Anak ini pura-pura baca buku. Padahal ujung-ujungnya dia nyuri buku yang lagi dipegangnya. Dengan cara, kalo ga ada orang yang lagi ngeliatin, dia masukin buku itu ke dalem celana dalemnya.".

Singkat cerita, akhirnya gue bayar buku Martabak Manis ama gelang tasbih yang emang lagi gue pengenin juga. Abis itu cabut buat nyari baju lagi. Pas gue lagi jalan ke luar Gramedia, mata gue observasi ke mana-mana. Di situ gue liat tumpukan buku best seller, dan di situ pula tertumpuk buku Koala Kumal.

AAAAAARRGGGHHH!!!!!!!!!!!!
Koala Kumalnya masih banyak banget, men!!!

Padahal pas gue masuk, gue ga nyadar kalo di tumpukan best seller ada Koala Kumal. Giliran udah bokek aja baru engeh. Anjrit seanjrit-anjritnya. Kancut sekancut-kancutnya. Adil seadil-adilnya. Loh?

Gue jadi sadar sesuatu, tadi pas gue di dalem lagi nyari Koala Kumal, kenapa gue ga nanya ke mas-masnya aja ya?!

Parah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nonton Stand Up Fest 2015 #2

Sampaikan di Tempat yang Tepat

Artikel Ini Dikejar Umur