Bukan Sekedar Ngambang

Berenang itu ga gampang. Butuh kemampuan khusus buat ngedayung badan dan butuh kekuatan supernatural buat ngambang di air. Umur ga jadi jaminan buat bisa berenang. Contohnya gue, idup udah 15 tahun tapi tetep ga bisa berenang. Jangankan berenang, buat ngambang aja susahnya ga masuk akal.

Tadi pagi katanya pukul 10, kelas 10 yang cowok di SMA gue mau ngambil nilai renang di kolam renang terdeket dari sekolah. Walaupun "terdeket", tapi jarak antara sekolah ama kolam renangnya ampir setara ama jarak bulan ke planet Merkurius.

Gue sampe kolam renangnya sekitar pukul 10 lebih seperempatan. Gue kira, gue udah ketelatan, taunya ngga. Masih ada bejibun cewek-cewek kelas 10 yang masih ngambang, maen ciprat-cipratan, dan belom dites renang. Padahal yang cewek mulainya dari jam 8.

Akhirnya renang yang cowok dimulai sekitar pukul 11. Kelas gue kebagian nomer urut 3. Sambil nunggu giliran, gue bareng beberapa temen sekelas foto-foto dulu dari dalem air, kayak abege-abege kebanyakan, apapun situasinya yang penting selfie.

Singkat cerita, akhirnya giliran kelas gue pun tiba. Temen-temen sekelas yang laen pada keluar dari kolam, ngumpul dulu buat dikasih pengarahan ama guru yang mau ngenilai. Gue sebagai pemuda gagah berani dan tak takut gentar yang ga bisa berenang, mutusin buat tetep ngaso di dalem kolam. Biar ga dites, dan ntar cuma sepik laporan nilai ke guru yang bagian nyatet nilai.

FYI, si guru yang bagian nyatet nilai ini adalah si guru suci (baca: mesum) yang pernah gue sebut di pos sebelom-sebelomnya. Dia cuma duduk anteng di kantin kolam renang, dan ngeliatin cewek-cewek yang ada di sekitar kolam, siapa tau ada yang sengaja ga pake daleman.

Kelakuan licik gue ga berjalan dengan mulus. Salah satu temen ada yang manggil gue, pas gue nengok ke atas taunya si guru yang ngenilai ngeliatin gue juga. Mau ga mau, gue harus ikut ngumpul ama yang laen biar ga diomelin, dan ga dibilang nibut (nilai buta). Kata guru yang nilai, berenang dilakuin ampe empat kali bolak-balik, harus make gaya bebas, dan kalo berenti di tengah jalan, nilainya dikurangin lima.

Lampu kuning.

Gue masuk ke keloter dua. Yang keloter pertama ada lima orang, sedangkan yang keloter dua sisanya, tujuh orang. Gue ada di kedua dari kiri, di paling kiri ada temen yang katanya ga bisa berenang juga, sebut aja Aa.

Semoga aja ini keberuntungan gue.

Pas si guru yang ngenilai nyuruh buat mulai berenang, jangankan bisa ngedayung badan ampe tengah kolam, maju ampe satu meter aja gue ga mampu. Baru beberapa detik, gue udah mogok (baca: tenggelem dengan cemen). Yang terlihat saat itu adalah gue kayak anak anjing yang baru belajar renang.

Mungkin gue emang ga cocok di air.

Di situasi darurat itu, yang gue lakuin adalah narik-narik badannya si Aa sebisa mungkin. Alhasil, si Aa ikutan mogok juga. Dia ngomel-ngomel, gue ketawa.

Gue lanjutin lagi berenang semampu gue, tapi hasilnya sama aja. Ga sampe lima detik, gue udah keok. Gue tenggelem dengan hinanya. Untung kedaleman kolamnya cuma satu meter, jadi gue masih bisa menyokong badan pake kaki dengan gagahnya.

Gue ngerasa gagal jadi putri duyung.

Di situasi darurat itu, yang gue lakuin adalah narik celananya si Aa sebisa mungkin. Siapa tau pas gue tarik, dari lobang pantatnya keluar semacam gas pembakaran yang fungsinya mirip turbo, yang bisa nyelametin nasib kami berdua. Tapi itu cuma khayalan. Si Aa ikutan mogok juga. Dia ngomel-ngomel, gue ketawa.

Karena udah mendekati ujung kolam, yang gue lakuin pas itu adalah jalan kaki sambil ngegerakin tangan ala berenang gaya bebas. Sampe ujung kolam, gue ama Aa cuma bisa ketawa sedeng bareng. Abis itu, ngelanjutin berenang kacau lagi. Alhasil, selama berenang sialan itu berlangsung, gue berenti di tengah jalan sebanyak 11 kali, dengan kelakuan di bawah normal yang sama.

Prestasi yang amat memalukan.

Di lap satu, dua, tiga masing-masing gue mogok tiga kali, sedangkan di lap empat gue cuma mogok dua kali.

CUMA DUA KALI.
Hebat kan?

Tepuk tangan.

Karena pas itu si guru yang ngenilai lagi ngeliatin anak-anak yang udah selesai berenang dan nyebutin nilai yang didapet, gue dengan liciknya jalan kaki dari tengah ampe mendekati ujung kolam. Abis itu gue sok-sok'an beneran berenang sampe ujung biar dikira beneran berenang ama guru yang nilai.

Pinter kan?

Tepuk tangan.

Walopun gue berenti ampe 11 kali, untungnya si guru yang ngenilai ngasih gue nilai 8. Kayaknya sih dia kasian ama gue, makanya dia ga ngasih nilai 4,5. Dan di perutnya Aa, keliatan ada beberapa garis merah yang mirip cakaran kucing. Selidik punya selidik, ternyata cakaran itu bukan dibuat ama Doraemon, kucing peliharaannya, maupun ama nasi kucing. Ternyata cakaran itu dibuat ama gue, pas gue lagi narik-narik badannya si Aa dengan brutalnya tadi.

Pesan moral: Ternyata di saat tenggelem, gue sama berbahayanya dengan bencong yang ngamuk gara-gara ga dikasih receh.

Tapi ga tau kenapa pas abis ngebilas badan, gue baru nyadar kalo gue berdarah. Di sela kulit ama bagian kiri kuku jari tengah tangan kanan gue keluar darah. Pas gue bersiin, taunya kulit gue itu sobek. Gue ga tau itu disebabin ama apa, gue juga ga tau itu disebabin ama siapa, tapi.. misteri terus berlanjut. *ala-ala dubber Jejak-Jejak Misterius*

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nonton Stand Up Fest 2015 #2

Sampaikan di Tempat yang Tepat

Artikel Ini Dikejar Umur