Freskesten Oh Freskesten

Hari ini gue galau, gue keinget ama kejadian dua hari lalu. Gue kangen ama seorang (mungkin “seekor”) laba-laba unyu yang ditemuin di kelas, yang gue kasih nama Freskesten. Cukup susah buat ngebedain Freskesten ama laba-laba laen. Tapi akhirnya gue bisa nemuin ciri-ciri yang bisa ngebedain Freskesten ama laba-laba laen, ciri-ciri dia itu ukurannya ampir segede kepelan tangan gue, warnanya coklat, kakinya delapan tapi ga bisa berdiri, dan matanya banyak.

Gue ketemu ama Freskesten itu pas di kelas lagi ga ada guru. Salah satu temen di belakang kelas ada yang teriak kayak abis dipegang bencong, gue yang lagi duduk manis di kursi guru di depan kelas akhirnya kepo. Pas gue samperin, taunya ada sesuatu kayak kepiting lewat di depan gue. Segerombolan anak cewek yang tadinya lagi ngerumpi asik pada berdiri ke atas kursi gara-gara ketakutan. Pas gue deketin taunya itu bukan kepiting, taunya laba-laba.

Iya, gue tau. Laba-laba ama kepiting itu jauh banget.

Sebagian temen yang lagi panik takut digigit kemaluannya ama laba-laba ini pun ada yang nyoba nginjek, tapi ga berhasil,  bahkan ada yang ampe ngegebug si laba-laba pake sapu, berhasil tapi laba-labanya masih idup. Gue dengan [sok] beraninya sok-sok’an nangkep laba-laba ini pake tangan kosong.

PAKE TANGAN KOSONG.
(sombong dikit boleh kali)

Yang terucap di dalem hati gue pas itu adalah ‘Semoga laba-labanya ngegigit gue. Semoga abis itu gue jadi Spiderman. Aamiin.’. Ini serius. Pas lagi usaha nangkep nih si laba-laba, gue bilang ke yang laen ‘Tenang aja. Ini temen gue, gue kasih nama Freskesten.’. Padahal tadinya gue pengen bilang ‘Frankenstein’, tapi gara-gara takut digigit secara tiba-tiba, mulut ama otak jadi ga bisa sinkron.

Akhirnya dengan susah payah, si laba-laba misterius ini bisa gue bikin naek ke tangan gue. Temen gue, sebut aja Nahdia, ngefoto gue bareng si sobat baru gue, Freskesten. Pas difoto, gue ga nyadar kalo dia ikut ngefoto muka gue, pantesan badan dia dibungkuk-bungkukin kayak fotografer profesional antar gang.

Foto terakhir sebelom tewas digigit laba-laba
Gue yang dengan banyak ide brilian ini pun mutusin buat ngejailin guru matematika ngeselin yang tak kunjung datang. Mula-mula, gue keluarin semua benda yang ada di gelas di meja guru.

Gelas itu sendiri fungsinya buat nyimpen spidol, pulpen, dan alat-alat tulis laennya. Tapi gue ga tau kenapa ada yang nyimpen hekter di situ.

Setelah gelas itu kosong, gue masukin Freskesten ke situ, dan pas itulah gue baru nyadar kalo muka Frekesten itu ga seunyu yang gue kira. Akhirnya gue juga jadi rada takut ama nih laba-laba. Terus gue susun spidol papan tulis, alat-alat tulis laen yang tadinya ada di situ, dan tidak lupa pulpennya si guru matematika ke gelas itu (hekternya ga ikut gue masukin, soalnya ga muat). Gue susun di sela-sela kakinya si Freskesten, biar dia ga mati dan bisa langsung ngerayap ke benda yang pertama ditarik dari gelas itu.

Pas guru matematika ngeselin itu lagi jalan mau masuk ke kelas, keliatan bayangannya dari balik kaca bergorden di dalem kelas. Semua yang ada di kelas bersorak gembira. Karena ini adalah detik-detik sebelom guru ngeselin ini keracunan gara-gara digigit laba-laba, dan dijadiin makan siangnya.

Oke, ini lebay.

Pas guru itu masuk ke kelas, semuanya hening. Si guru matematika ini jalan menuju ke meja guru sambil bilang ‘Tugas yang tadi dijadiin PR aja ya.’ terus ngambil bukunya, terus keluar kelas. Pulpennya dilupain.

Anjrit.

Rencana pun gagal. Mungkin dia termasuk orang suci, jadi susah buat dijailin.

Tapi akhirnya gue harus berpisah ama Freskesten, kejadiannya pas lagi jam pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan. Si Freskesten udah gue keluarin dari gelas, dan gue udah duduk di tempat duduk sendiri. Si Freskesten dengan brutalnya ngerayap kesana-kemari di badan gue, gue ga tau dia ngerti atau ngga tapi gue nyuruh dia buat hati-hati, ‘Spider, be carefull, take care, fresh care, soft care, boker!’. Gue pake bahasa Inggris soalnya yang gue tau anjing-anjing pada nurut ama majikannya gara-gara dilatih pake bahasa Inggris.

Akhirnya si Freskesten gue letakin di meja gue, terus gue tawarin bolu ketan yang gue pinta dari temen, ‘Spider, you can eat this.’. Tapi si Freskesten nolak, dia malah ngerayap ke depan meja. Ternyata laba-laba ga makan kue bolu. Si Freskesten ngerayap ke tas temen, yang kebetulan yang punya tas lagi duduk di kursinya dan dia takut ama laba-laba.

Lampu kuning.

Pas itu di kelas udah ada guru, gue harus ati-ati biar ga ketauan. Pas gue coba tangkep, si Freskesten malah turun ke bawah kursi temen yang di depan gue. Daripada pas gue lagi usaha ngambil si Freskesten dari bawah kursi malah diomelin ga jelas ama guru, gue mutusin buat akting, supaya kesannya si laba-laba itu baru muncul. ‘WOY ITU ADA LABA-LABA WOY!!!’ teriak gue. Kelas langsung hening, si guru berenti ngomong, semuanya pada ngeliatin gue. Akhirnya gue berhasil nangkep si Freskesten, terus gue maju ke depan sambil bilang ‘Pak, nih nemu laba-laba. Pengen saya keluarin dulu.’. Pas gue jalan mau keluar, temen-temen pada tepuk tangan penghormatan ke gue. Kayaknya temen-temen pada ngerti ama apa yang ada di pikiran gue.

Thanks for all.

Pelepasan si Freskesten pun gue lakuin dengan berat hati. Gue anterin dia ke ranting pohon yang ada di depan kelas. Kelas gue itu ada di atas, tepatnya lantai dua. Pas gue deketin dia ke ranting, dia malah jatohin diri ke bawah. Jatohnya syahdu banget, pelan-pelan gitu, soalnya pas turun dia pake bantuan jaring yang keluar dari pantatnya yang dia tempelin ke ranting tadi. Perpisahan pun terjadi. Abis kejadian itu, gue ga pernah liat dia lagi. Cuma bersisa jaring laba-laba yang masih nempel di badan gue.

Yang jadi permasalahannya sekarang, kenapa laba-laba disebut “seekor”? Padahal dia sama sekali ga punya ekor.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nonton Stand Up Fest 2015 #2

Sampaikan di Tempat yang Tepat

Artikel Ini Dikejar Umur