Antara Bawa dan Ngendarain

Gue cukup terkejut ala curut yang udah keriput yang lupa ganti pembalut. Pengunjung blog gue turun drastis. Tiga hari yang lalu pengunjung blog gue nyampe 110.

Tepuk tangan.

Kemaren lusa pengunjung blog gue cuma 23. Terakhir, kemaren pengunjung blog gue cuma 8. Parah. Parah pake layang, parahlayang. Parah pake bot, parahbot-parahbot...

Selidik punya selidik, pengunjung blog gue ampe banyak itu karena baru terbit pos baru. Jadi kalo gue ga ngepos, otomatis pengungjungnya dikit, itu yang ngebuat blog gue ama kuburan ampir ga ada bedanya. Lagian kalo ga ada pos baru di blog juga mau ngapain? Mau nyorat-nyoret blog gue ampe tulisannya ketutup semua juga ga bakal bisa, yang ada malah layar gadget lu jadi kayak seragam anak SMA yang baru lulus.

Eniwey, gue suka bingung ama kata-kata yang suka dipake sehari-hari.

Bukan kata-kata yang suka dipake dua hari-hari.

Misalnya buat bilang "ngendarain". Gue ga abis pikir ama orang yang nyamain kata "ngendarain" ama "bawa". Kalo nyebut ngendarain mobil itu biasanya "nyetir mobil". Enak kalo ngomong juga, "Lu udah bisa nyetir mobil?" atau "Lu belajar nyetir mobil di mana?". Tapi ada juga yang nyamain "nyetir" ama "bawa". Misalkan ada temen lu yang bisa nyetir, temen yang laen nanya, "Lu bisa bawa mobil?".

'Bawa mobil?'

Padahal menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang gue donlot di HP, bawa itu artinya memegang atau mengangkat sesuatu sambil berjalan atau bergerak dari satu tempat ke tempat lain.

Mungkin orang yang nanya begitu ngira make mobil itu caranya bukan disetir tapi digotong.

Gue juga jadi bingung kalo mau nanya temen gue yang pengendara motor. Waktu itu gue pernah nanya ke temen 'Lu bawa motor ga?', dia jawab 'Kagaklah. Berat bego!'. Belom apa-apa gue udah dikatain bego. Tapi bener sih, bawa motor dengan cara dijinjing kayak bawa kresek belanjaan itu emang berat setengah meninggal. Kalo dipaksain ngebawa motor, bisa-bisa jadi turun bero, letak usus yang tadinya di dalem perut jadi pindah ke dalem pantat.

Kalo ngendarain mobil disebutnya "nyetir mobil", diambil dari nama alat kemudinya "setir". Kalo ngendarain motor gimana? Alat buat ngemudiin motor namanya "setang", apakah kata yang tepat dan benar buat ngartiin ngendarain motor itu "nyetang motor"?

Enek dengernya.

Tapi beda halnya kalo temen lu ngendarain motor ke sekolah, pas ampe kelas lu tanya, "Lu bawa motor?", itu kalimat yang lumayan bener. Soalnya ga mungkin nanya "Lu ngendarain motor?". Yang ada dia malah balik nanya "Mata lu ditempelin stiker ya?". Soalnya dia kira lu ngeliat motor di bawah badannya, padahal jelas-jelas dia lagi berdiri di depan lu. Jadi wajar kalo dia ngira mata lu ditempelin stiker atau tato (yang biasa didapet di dalem ciki atau permen karet) gambar motor, entah ditempelin ama orang iseng pas lu lagi tidur atau lu sengaja nempelin tato di bola mata sendiri dengan gebleknya dan rela nahan sakit pas lagi gosok-gosokin tatonya pake duit gopek. Gaul kaga, buta iya. Tatonya keliatan kaga, mata berdarah iya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nonton Stand Up Fest 2015 #2

Sampaikan di Tempat yang Tepat

Artikel Ini Dikejar Umur