KTSP Returns

Akhirnya kurikulum di sekolah gue balik lagi ke KTSP (Kumis Teman Saya Palsu).

*sorak gembira ala seporter sepakbola yang tim dukungannya menang*

Menurut kabar yang beredar, ampir semua sekolah di Indonesia balik lagi ke kurikulum yang tenar di tahun 2006 ini. Sebelomnya, kurikulum yang dipake itu kurikulum 2013 atau biasa juga disebut dengan Kurtilas (Kura-Kura Mati Dilas). Tapi kurikulum itu cuma berlaku ampe satu sepertiga puluh dua semester doang, gara-gara kejahanamannya (tugas banyak, pulang sore, waktu maennya dikit).

Ada yang aneh dari perpindahan kurikulum ini. Temen-temen yang tadinya ga suka ama Kurtilas pas denger kabar kurikulum mau diganti lagi jadi KTSP, malah ga suka. Mereka pengennya Kurtilas tetep jalan.

Dasar ABG labil.

Yang ngebedain KTSP ama Kurtilas adalah sistem belajarnya. Guru yang tadinya ngoceh mulu di depan kelas nerangin pelajaran, kalo di Kurtilas gurunya cuma ngasih tugas ama ngenilai. Fungsi guru yang tadinya dianggep sebagai pahlawan tanpa tanda jasa, jadi lebih cocok dianggep sebagai juri yang kayak ada di acara pencarian bakat di TV-TV. Tapi untungnya guru-guru di sekolah gue ada yang jadi pembelot dari Kurtilas, jadi dia di kelas tetep nerangin pelajaran.

Istilah "peminatan MIPA - IPS" dibalikin lagi jadi "penjurusan IPA - IPS". Tapi sialnya, penjurusan di kelas 10 diilangin. Yang tadinya udah capek-capek masuk MIPA sekarang harus nerima keadaan, termasuk gue. Menurut kabar yang beredar, penjurusan di kelas 11 nanti ga bakal diseleksi lagi. Semoga aja itu bener. Kalo ampe diseleksi lagi...

LOE KIRA GAMPANG MASUK IPA!?

Mata pelajarannya juga beberapa ada yang diilangin, tapi ada yang ditambahin. Yang diilangin itu mata pelajaran baru kayak Prakarya dan Kewirausahaan, Sejarah Indonesia, ama Matematika Peminatan, pelajaran lintas minat kayak Bahasa Inggris ama Ekonomi juga diilangin. Yang ditambahin itu mata pelajaran yang udah ada sebelomnya tapi diilangin pas Kurtilas. Karena gue dari MIPA, mata pelajaran yang ditambahin itu adalah Geogrofi, Ekonomi, ama Sosiologi.

Aaaaaargh.

Selain itu ada juga Sejarah Umum, PLH (Pendidikan Lingkungan Hidup) ama TIK (gue lupa kepanjangannya). Tapi di jadwal pelajaran kelas gue TIK ga ada, tapi di kelas laen ada. Aneh. Ada juga mata pelajaran baru yang emang bener-bener baru, belom pernah diajarin sebelomnya, Bahasa Jepang. Gue ga tau gimana entar kalo di kelas belajar Bahasa Jepang, kayaknya bakal ada orang yang sok-sok'an jadi Naruto ama Sasuke. Ntar bukannya belajar, malah maen berantem-beranteman.

Perbedaan kedua kurikulum ini juga ada di nilai. Kalo di KTSP nilainya dari 0 ampe 10 atau 0 ampe 100, di Kurtilas nilainya dari 0 ampe 40. Katanya sih biar sama kayak di luar negeri.

Selain itu, perbedaannya ada juga di jam pelajaran. Kalo di KTSP satu mata pelajaran bisa ada di dua hari, di Kurtilas satu mata pelajaran cuma ada di satu hari doang. Jadi enak kalo ada PR, ngerjainnya bisa santai, masih satu minggu lagi.

Doa'in aja semoga dibalikinnya KTSP ini sekolah gue jadi lancar, gue jadi makin pinter, gue jadi tambah ganteng, gue jadi dapet pacar, juga semoga ga ada yang protes gara-gara udah terlanjur beli buku pelajaran berkurikulum 2013.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nonton Stand Up Fest 2015 #2

Sampaikan di Tempat yang Tepat

Artikel Ini Dikejar Umur