Seminggu Penuh Derita

Ada yang suka sinetron Buku Harian Nayla juga ga?

Gue bersyukur soalnya sinetron itu ada lanjutannya dan ditayangin lagi di TV. Buku Harian Nayla tuh salah satu sinetron favorit gue. Ga tau kenapa pas gue kecil dulu, suka banget ama sinetron-sinetron spesial natal di RCTI. Pas gue masih kecil bukan Buku Harian Nayla doang yang jadi sinetron kesukaan gue, ada satu lagi yang kalo ga salah yang jadi pemeran utamanya si Roger Danuarta.

Atau jangan-jangan loe ga tau Buku Harian Nayla?

Parah tingkat dewan konstitusi.

Betewe, di satu minggu yang lalu terjadi kejadian-kejadian yang gue ga abis pikir. Satu minggu full. Dari Senin sampe Minggu gue ngalamin kejadian yang ga biasa.

Mulai dari Senin, awalnya kegiatan gue abis bangun tidur kayak biasa. Diomelin nyokap, mandi, keluar kamar mandi diomelin lagi, pake seragam, makan, terus berangkat sekolah. Gue jalan ke sekolah itu jalan kaki, soalnya deket. Jalan kalo mau ke sekolah, gue mesti lewatin jalan setapak di samping rumah, yang di ujungnya ada selokan, di kanannya ada kebon singkong, di kirinya ada pohon gede ama rumput-rumput liar. Seliar tapir kelaperan.

Pas gue baru jalan di situ, ga ada firasat buruk apa-apa. Pas gue udah ampir sampe ujung jalan, gue bener-bener ga fokus ama jalanan. Mata gue liat ke depan, liatin mobil lewat, tangan gue benerin rambut. Terus tiba-tiba feeling gue ga enak. Pas gue jalan ngelangkahin selokan, secara ga diduga kaki gue nyebur ke selokan.

(Lebih tepatnya: nyebur ke selokan dengan tololnya)

Untungnya yang nyebur ke got cuma yang kanan, kaki kiri gue langsung refleks nginjek jalan di atas selokan. Tapi tetep aja ga ngebantu. Sepatu gue tetep jadi basah dan celana gue kena cipratan aer  bau kembang busuk tujuh rupa. Gue mesti balik lagi ke rumah buat ganti kaos kaki, bersiin celana (soalnya celana abu-abu gue yang bagus cuma satu), dan berangkat ke sekolah lagi pake sepatu yang sama (soalnya sepatu gue yang buat sekolah cuma satu).

Dan pas di sekolah, pas gue bayar mau bayar SPP, ibu-ibu TU yang biasa nongol di bolongan tembok buat ngelayanin pembayaran SPP ga ada. Gue malah disuruh masuk ke dalem ama salah satu ibu yang ada di dalem. Pas gue bayar ke beliau, gue liat di samping kanan dia ada ibu gendut yang mukanya jauh dari kata muda, yang kalo dari jauh mirip guru sosiologi gue. Tiba-tiba gue denger suara, ‘Rambut kamu ganteng amat.’ Gue shock, gue cari-cari dari mana suara itu berasal. Takutnya dari hantu penghuni sekolah yang naksir ama gue.

Pas gue ngeliat ke ibu yang mirip guru sosiologi, taunya dia lagi ngeliatin gue. Gue menarik kesimpulan kalo yang tadi ngomong tuh dia. Terus dia ngomong lagi, ‘Abis cukur ya?’ Gue yang bingung mau ngomong apa langsung ngejawab, ‘Iya.’ Terus langkah seribu keluar ruangan tanpa ngomong apa-apa. Takut diapa-apain. Takut jadi berondong korban percobaan wanita uzur.

Terus pas Selasa, ga ada cerita macem-macem di hari itu. Cuma aja gue begadang sampe larut pagi. Bukan larut malem lagi. Gue ngerjain tugas PLH, ngegambar + warnain tentang ekologi dangkal dan ekologi dalam, yang dikasih Rabu minggu kemarennya dan disuruh dikumpulin Rabu depannya. Itu berarti besoknya mesti gue kumpulin. Gue ngerjainnya mepet waktu bukan karena gue orangnya ngaret, tapi ide gue baru muncul sehari sebelomnya. Kayak matahari ama bulan, mereka ga pernah bersatu soalnya mereka bukan robot Power Rangers. Apa coba!?

Cerita ini lanjut ke Rabu, gue baru nyelesein tugas gue jam limaan. Sekitar jam 5 lebih seperempat, gue disuruh tidur ama nyokap, katanya ntar satu jam lagi dibangunin. Tapi takdir berkata lain. Gue bangun bukan jam 6 lebih seperempat, tapi jam 7 kurang seperempat. Bangun tidur gue terus mandi, abis mandi ku tolong ibu membersihkan tempat makanku.

Kenapa nyambung-nyambung ke situ!?

Intinya gue buru-buru berangkat ke sekolah. Gue kesiangan nyampe sekolah. Tapi anehnya, setiap gue dateng telat, masih banyak yang telat juga, dan gerbang sekolah masih dibuka lebar. Padahal biasanya jam 7 lewat, gerbang udah ditutup rapet.

Pas siangnya, gue kengantukan.

Bener ga sih ‘kengantukan’?

Tapi ngantuknya ngantuk biasa kayak sehari-hari di sekolah kalo gue ga begadang. Aneh banget. Apa jangan-jangan sebenernya gue mutant? Apa gue sebenernya salah satu dari Teenage Muntant Ninja Turtles yang ga punya tempurung? Entahlah. Gue juga bingung kenapa nyambung-nyambung ke situ.

Dan kampret ga bisa dihindarkan. Di hari pengumpulan tugas PLH, si gurunya ga masuk. Kerja keras gue semalem sampe pagi suntuk sia-sia ga karuan. Kata ketua kelas, tugasnya jadi dikumpulin besoknya. Ternyata guru PLH gue bisa lebih ngeselin juga dari Farhat Abbas.

Pas Kamis, tuh gambar gue bawa lagi, ga lupa ama papan jalan. Siapa tau gue mesti ngelanjutin gambar gue. Si gambar jadi dikumpulin tanpa gue tambahin apa-apa lagi kecuali nama. Pas hari itu sepanjang pagi ga ada guru masuk kelas. Sesuatu banget dah. Jadi wajar aja, kalo anak-anak pada jalan-jalan di kelas, dan ngedudukin kursi yang bukan punyanya.

Pas siangnya, pas gue buka tas. Ternyata eh ternyata, copot eh copot, ayam eh ayam, PAPAN JALAN GUE PATAH!!! Sekali lagi, PAPAN JALAN GUE PATAH!!!

Padahal gue duduknya ga senderan ke tas, tapi kenapa bisa patah? Gue sih curiga itu tuh ama orang yang duduk di kursi gue. Seinget gue, yang duduk di kursi gue tuh cuma gue ama salah seorang temen. Kalo gue kayaknya ga mungkin solanya gue duduknya ga senderan. Jadi, yang masuk ke daftar tersangka tidak lain tidak bukan ialah orang yang duduk selain gue, temen gue yang terbilang masih anak baru yang pernah gue ceritain juga di blog, si Bentit. Bukan, bukan kepanjangan dari becong doyan titit, tapi Benny masih punya titit.

Tapi pas disalahin ama temen gue yang laen, dia ga ngaku. Iya sih gue tau, nyalahin orang yang ngga-ngga itu dosa. Jadi kalo ga ada bukti, mestinya jangan nyalah-nyalahin. Tapi gue yakin yang matahin papan jalan gue itu si Benny. Gue yakin banget.

Terus pas Jum’at, hari itu hari pemeriksaan kelas, buat nentuin mana kelas terbaik. Sepanjang pagi gue ama temen-temen sekelas bersih-bersih dan ngehias kelas. Pas siang, pas gue baru balik dari shalat Jum’at, gue liat guru biologi gue, Bu Mar keluar masuk kelas yang ada di bawah kelas gue. Ternyata, beliau itu lagi jadi penilai kelas. DIA YANG NILAI!

Gue pengen buru-buru ke kelas gue dia atas buat ngasih tau temen sekelas, tapi Bu Mar keburu naek tangga duluan. Pas gue sampe atas, baru juga nyampe, Bu Mar ogah masuk ke kelas terus nyelonong ke kelas sebelah. Kata yang gue denger pas Bu Mar di depan kelas adalah ‘berantakan’. Pas gue masuk ke kelas, ternyata bener. Kelas gue berantakan minta ga diampunin. Meja ama kursi ga sesuai tempat, karton berceceran di meja bekas tadi pagi, pajangan masih ada yang belom ditempel, dan pas Bu Mar mau nilai kelas tadi, kelas lagi disapu. Komplit sudah.

Gue tanya ke temen, ternyata sempet ada percakapan antara Bu Mar ama temen sekelas.
Bu Mar: ‘Kok kelasnya berantakan?’
Salah seorang temen: ‘Dinilai sekarang, Bu?’
Bu Mar: ‘Iyalah, Ibu yang nilai. Ini malah berantakan.’
SST: ‘Tadi rapih, Bu.’
Terus Bu Mar langsung pergi. Pantes aja, alesannya gitu. Mestinya temen gue bilang gini, ‘Ini emang sengaja, Bu. Memadukan konsep kerapihan kelas dengan keberantakan tempat nongkrong preman agar kelas terlihat berbeda dan unik dari sudut pandang orang gesrek.’ Sebenernya gue ga yakin alesan gitu bisa buat Bu Mar jadi mau nilai, tapi seengaknya bisa buat derajat ga jatoh-jatoh amat.

Sabtu dan Mingunya gue kena serangan sakit perut bertubi-tubi. Mau tidur kepengen boker, mau makan kepengen boker, mau nonton TV kepengen boker, mau boker kepengen boker, mau cebok kepengen boker. Dikit-dikit kepengen boker. Gara-gara gue kesel, akhirnya tiap kali gue boker, boker yang gue keluarin, gue bokerin lagi. Biar tau rasa tuh boker!

Kayaknya sih itu disebabin ama soto yang gue kasih sambel lima sendok makan pas Rabu malem. Awalnya gue coba satu sendok, tapi ga kerasa pedesnya, terus gitu lagi sampe yang sendok keempat. Pas sendok kelima, udah kerasa pedesnya, tapi ga pedes-pedes amat, standarlah. Tapi satu hal yang gue lupa, dikit sedikit akan menjadi bukit, soto yang gue makan lama kelamaan makin pedes gila. Anehnya, efek samping fatalnya baru kerasa tiga hari sesudahnya. Gue bersyukur banget soalnya gue bisa bebas bolak balik ke toilet tanpa minta izin ke guru dan diejekin temen sekelas.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nonton Stand Up Fest 2015 #2

Sampaikan di Tempat yang Tepat

Artikel Ini Dikejar Umur