UAS Kali Ini

Di sekolah gue baru aja selesai ngejalanin Ujian Akhir Semester (UAS).

Mungkin di semua sekolah Indonesia juga gitu.

UAS di SMA ini beda ama UAS pas gue di SMP. SMP gue,

Maksudnya SMP tempat gue sekolah, bukan SMP-nya gue yang punya.

SMP gue itu swasta, jadi ruangan UAS-nya berdasarkan kelasnya masing-masing, dan isinya murid-murid di kelas itu juga, jadi enak kalo mau nanya jawaban. Sekarang gue masuk SMA Negeri, isi ruangan UAS-nya dicampur, sebagian dari kelas sepuluh, sebagiannya lagi dari kelas sebelas, jadi canggung kalo mau nanya jawaban. Itu yang ngebedain. Di ruang UAS ini kelas sepuluh peminatan (jurusan) MIPA ga seruangan ama kelas sebelas MIPA juga, tapi ama kelas sebelas IPS, begitu juga sebaliknya, kelas sepuluh IPS seruangan ama kelas sebelas MIPA.

Bagi yang belom tau, jadi di kurikulum 2013 yang cukup brengsek ini, kata "jurusan" diganti jadi "peminatan", juga bagi jurusan "IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)" diganti jadi peminatan "MIA (Matematika Ilmu Alam)" tapi diganti lagi jadi "MIPA (Matematika Ilmu Pengetahuan Alam)".

Gara-gara gue anak MIPA nan seruangan ama anak [kakak] IPS, kayaknya ga bakal bisa nanyain jawaban dari soal gue yang dari mata pelajaran peminatan untuk MIPA, kayak biologi, fisika, dan kimia. Sekalipun gue nanya, takutnya jawaban dia salah. Kayaknya kalo gue nanya, 'Kak, ciri-ciri bakteri apa aja?' dia bakal jawab, 'Setiap orang bebas memiliki barang, setiap orang bebas menggunakan barang dan jasa yang dimilikinya, aktivitas ekonomi ditujukan untuk memperoleh laba.' gue nanya ciri-ciri bakteri, dia malah ngasih tau ciri-ciri ekonomi pasar.

Gara-gara materi yang bakal ada di soal UAS cukup amat sangat sulit dan temen sebangku, maksud gue, semeja bukan dari peminatan yang sama, adanya kertas kecil bertuliskan ayat-ayat suci dari buku mata pelajaran (dalam kata lain "kertas contekan") yang terdapat di saku, dompet, dan menempel di alat tulis pun tak terelakkan, biasanya di balik kartu peserta UAS juga ada.

•••

Hari ini mapel (mata pelajaran) UAS gue kimia dan lintas minat 2 (ekonomi).

Bagi yang belom tau, jadi di kurikulum 2013 ini setiap peminatan ada lintas minatnya. Yang MIPA pelajaran lintas minatnya dari pelajaran IPS, begitu juga sebaliknya, yang IPS pelajaran lintas minatnya dari abang-abang tukang batagor, dari pelajaran MIPA-lah.

Kejadian terbego gue yang baru disadari baru-baru ini adalah...
a. Ngubah jawaban yang bener jadi salah
b. Ngubah muka temen gue jadi ganteng
c. Ngerobekin lembar jawab punya sendiri
d. Ngerobekin lembar jawab punya kakak kelas di samping gue
e. Melintirin kumis Pak Guru yang lagi ngawas di ruang sebelah

Ada yang jawab e???
Yak, loe salah. Yang bener itu yang a.

Tadi pagi di keadaan setengah panik pas detik-detik sebelom waktu UAS mapel kimia berakhir. Gue baru aja ngelakuin tindakan terbego gue. Soal essay baru gue jawab dua nomer doang, tinggal sisa tiga nomer lagi. Dengan keadaan kebelet pengen nyium bibir mas-mas SPBU, gue nanya jawaban essay gue yang belom ke temen di depan gue, Fanisa.

Bagi yang belom paham dan ngerti tentang bilangan kuantum, mending belajar dulu. Sekarang!

Yang pengen gue tanya dulu adalah nomer 33, yang soalnya, "Tentukan harga semua bilangan kuantum elektron terakhir dari unsur-unsur 13Al dan 19K".

Harusnya di akhir soal ada tanda serunya karena ini soal perintah, tapi ini ga ada.

Gue tusuk dengan pelan punggung Fanisa dengan pensil, dan dia pun menoleh. "Tiga-tiga?" kata gue dengan suara selembut ubur-ubur. Tanpa ada kata-kata dari dia, dia munggungin gue lagi, terus nulis-nulis sesuatu kayak lagi ngerjain soal.

Di saat genting ini, gue diabaikan.

Dua menit kemudian, pas Fanisa lagi nengok ke kiri, gue tanya lagi, "Tiga-tiga?", dengan muka ga nyelow dia jawab, "Bentar, lagi dikerjain ini! Etdeh." dengan perasaan malu dan kesel yang di-mix ini, gue cuma bisa jawab' "Oh..". Kurang dari dua menit, Fanisa ngasih gue kartu peserta UAS-nya dengan cara tangan kirinya yang megang kartu tersebut menjulur ke belakang badannya dan nyampe di meja gue. Gue liat di situ ada jawaban dari nomer 33. Gue liat di bagian yang 13Al di situ tertulis 'l = 1', sedangkan di yang 19K tertulis  'l = 0'. Di situ gue juga liat, orbital yang dibikin di bagian 13Al ada tiga, sedangkan di bagian 19K cuma ada satu. Di situ gue juga liat di bagian yang 13Al orbital yang diisi elektron cuma satu doang, satu elektron pula, padahal jumlah orbitalnya ada tiga.

Gue mulai ngerasa dia salah.

Di sampingnya gue liat, ada satu orbital yang diisi satu elektron di bagian 19K. Gue ngerasa dia salah nulis. Menurut gue harusnya kalo isinya cuma satu elektron, orbital yang dibikin harusnya satu juga.

Setelah gue salin itu semua di lembar jawab gue, gue gelisah. "Fan, ini kok yang diisi cuma satu doang?" kata gue ke Fanisa sambil nunjuk jawaban yang ditulisnya untuk bagian 13Al.

"Ya udah gapapa." bales dia.

Gue ngerasa bingung total.

Gue tanya lagi, "Yang ini kok kotaknya ada tiga tapi isinya satu, yang ini kotaknya satu isinya satu?" sambil nunjuk bibir mas-mas SPBU yang pengen gue cium tadi.

"Yaudah, gapapa deuh. Hehe..." kata dia nyeleneh.

Gue tetep ngerasa dia salah, gue tanya lagi, "Yang ini harusnya cuma satu kotak doang?" kata gue sambil nunjuk jawaban yang ditulisnya untuk bagian 13Al.

"Iya, hehe..." jawab dia dengan nyeleneh pula.

Akhirnya gue apus orbital yang udah gue bikin ampe tiga dengan pulpen itu dengan tipe-ex pinjeman, sekarang sisa orbitalnya tinggal satu. Gue pun ngelanjutin ngisi soal yang belom dengan cara yang sama, nanya ke Fanisa. Akhirnya selesai, cuma esay nomer 34 bagian c doang yang ga gue isi, soalnya bukannya kenapa-kenapa, gue ga tau itu jawabannya apa, begitu juga Fanisa. Pas bel tanda berakhir waktu ujian, soal dan lembar jawab gue langsung gue kumpulin di meja guru depan kelas.

Daripada kelamaan, mending gue singkat ceritanya.

Pas UAS berakhir dan waktunya pulang, nyampe rumah gue langsung buka buku catetan kimia gue, gue liat di situ tertulis,

l = 0 → 1 orbital
l = 1 → 3 orbital
l = 2 → 5 orbital
l = 3 → 7 orbital

Anjrit. Ternyata itu alesan kenapa di bagian 13Al orbitalnya ada tiga, tapi di bagian 19K cuma ada satu. Gue cuma bisa mikir jernih, harusnya semalem gue belajar bukan sibuk bikin contekan yang ga lengkap. Sial. Tapi gue masih kepikiran kenapa Fanisa jawab 'iya-iya' aja pas gue tanya. Kemungkinan besar itu dikarenakan gue yang ngomong sok pinter, sehingga Fanisa cuma bisa manggut-manggut ngerasa apa yang dibilang gue bener semua.

Kelakuan terbego gue ini pun udah ditulis sejarah. Jawaban yang tadinya bener tapi gue ganti jadi salah ga bisa diubah lagi. Selama kurang lebih lima menit gue cuma bisa ngerasa bego akan perbuatan bodoh ini. Sampe akhirnya gue putusin untuk nulis kejadian ini di blog.

Gitu.

Semoga aja jawaban gue dianggap bener ama guru gue yang meriksanya. Sekalipun jawaban gue ga dibenerin, semoga aja jawaban temen-temen gue yang bener disalahin ama gurunya. Aamiin.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nonton Stand Up Fest 2015 #2

Sampaikan di Tempat yang Tepat

Artikel Ini Dikejar Umur