Pikir Dulu, Pikir Lagi

Tanggal 7 Desember 2014 gue ke JakCloth. Itu adalah salah satu upaya tekad gue untuk menjadi anak gaul masa kini. Gue ke sana sebenernya bareng enam temen SMP, tiga temen SMA, dan beberapa temen SMA salah satu temen SMP gue. Total tanpa menghitung temen-temen SMA-nya salah satu temen SMP gue yang ikut adalah sembilan orang, termasuk gue. Kalo awalnya loe kira jumlah total antara temen SMP dan temen SMA gue yang ikut adalah sepuluh orang, loe salah. SALAH BESAR. Karena satu orang itu adalah temen SMP serta SMA gue. Jadi, jumlah temen SMP dan SMA gue tambahin masing-masing satu orang. Udah ngerti?

Ada pertanyaan?

Gue ke sana emang ada barang yang pengen gue beli, yaitu jaket hoodie item, sweater item, dan kaos item (sumpah gue ga pernah beli barang distro). Setelah hampir dua jam berkeliling lapangan luas berpenghuni stan-stan pakaian serta berpengunjung orang-orang yang sebagian besar kayaknya bertujuan sama kayak gue, untuk menjadi anak gaul masa kini, akhirnya gue nemu sweater item di salah satu stan, sebutlah Profider.

Walaupun penyebutan katanya hampir sama, pura-pura ga tau aja.

Di situ gue nemu sweater berwarna item polos, berbentuk kerah v-neck, berbahan halus (ga sehalus hati gue), di bagian dada ada bentuk belah ketupat kecil bertuliskan "Provider" warna putih dan di bagian belakang ada sablonan bertuliskan "Provider RULES" berwarna item.

Walaupun loe udah tau merk aslinya, pura-pura ga tau ya.

Kata pertama yang muncul di otak gue (gue ga tau siapa yang nulis) adalah 'keren'. Karena gue kaku untuk mulai berbicara dengan orang yang gue ga kenal sebelomnya, gue minta temen SMP gue, Kibe, untuk nanya harga ke masnya. Dengan modus awal, pura-pura nanyain pendapat.

'Be, ini bagus ga?' tanya gue sambil megangin sweater tersebut yang masih digantung di hanger ke Kibe.

'Keren, Pik. Beli aja loe!' jawab Kibe dengan omongan seringan debu.

'Tanyain harganya dah, Be!' suruh gue sambil ngasih sweater itu ke Kibe.

Percakapan mesra antara Kibe dengan mas official itu pun tak bisa dihindarkan.

'Seratus dua puluh, Pik.' kata orang yang abis bercengkrama dengan abang-abang jangkung berkacamata itu.

'Beli ga..' gue belom selesai ngomong.

'Tapi loe udah dapet satu barang.' timpal Kibe.

Gue pun bimbang, beli atau ngga. 'Beli, ngga, beli, ngga, beli, ngga, beli, ngga, ...' kata gue sambil nyabutin rambut yang tertempel di ketiak mas-mas jangkung tadi. Pas gue lagi mau balikin sweater-nya ke tempat semula, korban-tarik-paksa-bulu-ketiak itu bilang ke gue, 'Dua ratus dua puluh aja, mas. Dapet bebas satu barang dari kita.'

Gue ngerasa salah denger, 'Seratus dua puluh?' tanya gue.

'Dua ratus dua puluh.' jawabnya.

Gue ngerasa masih salah denger, 'Seratus sepuluh?' tanya gue lagi.

'Dua ratus dua puluh.' jawab dia lagi, dengan raut muka sedikit emosi.

'Dua ratus dua puluh?' tanya gue untuk ketiga kalinya.

'Iya. Loe udah bisa dapet satu barang di sini. Bebas, mau kaos, (kata-kata selanjutnya gue ga denger).' jawab dia untuk ketiga kalinya, dengan tatapan mata yang seolah berkata, 'Sekali lagi nanya, gue bales loe! Bulu ketek lu abis ama gue!!!'. Tapi sayangnya gue ga punya bulu ketek.

Dan gue menyadari satu hal, gara-gara info yang salah dari Kibe, gue malu-maluin.

Walaupun duit di dompet cukup, gue ga mau buru-buru, walapun hati berkata lain, gue mutusin untuk nyari di tempat laen dulu, siapa tau ada yang lebih cocok di hati gue.

Gue beserta dua temen SMP, Kibe dan Ruly, berlabuh di stan yang sebelomnya udah kami kunjungin sekali, sebutlah 17 Sefen.

Walaupun loe ngerasa tau merk aslinya, pura-pura ga tau.

Seperti ada yang berbisik, 'Kiriii..., kiriii..., kiriii..., kiri bang!!!' gue pun masuk ke stan itu dan langsung bergerak ke kiri. Gue langsung nemu sweater yang menurut gue keren dengan ajaib. 'Keren tuh, Pik.' kata Kibe.

Gue nemu sweater berwarna item, berkerah biasa (bukan v-neck), berbahan lebih kasar dari yang pertama, bagian lengannya warna biru tua, dan di bagian sikut ada lingkaran lonjong warna item (yang gue ga tau, fungsinya apa). Daripada ke-ga tau-an ini membuat gue gila, mending gue tanya, 'Ini fungsinya buat apaan?' tanya gue sambil nunjukin bagian lingkaran lonjong yang ada di sweater itu kepada kedua pengawal.

'Biar keren, Pik.' jawab Kibe, dengan mementingkan logika, daripada inti pertanyaan.

'Biar sikut loe kuat.' jawab Ruly.

Masuk akal juga jawaban Ruly. Tapi kalo mau kayak gitu, mending di bagian sikut sweater-nya dikasih pengaman sikut yang biasa dipake ama anak-anak yang baru latihan skateboard, lebih kuat dan aman.

'Ga tau gue, Pik.' celetuk Kibe, 'Sini dah gue tanyain harganya!' tumben Kibe ngertiin gue. Dia ngambil sweater tersebut dari tangan gue yang daritadi gue pegangin. Percakapan mesra antara Kibe dengan mas-mas official pun kembali tak dapat dihindarkan. Mungkin sekarang Kibe yang modus, daritadi tanpa gue sadari dia udah curi-curi pandang ama mas-mas official di situ. Mungkin.

'Seratus tujuh lima, Pik.' kata Kibe ke gue.

'Dapet bonus ga?' tanya gue ke Kibe, bukan ke si korban-tarik-paksa-bulu-ketiak.

'Ngga, Pik.' jawab Kibe.

Kayaknya kali ini Kibe ga salah denger.

Gue pun bimbang, beli sweater yang pertama tadi atau yang kedua ini. Gue mutusin untuk nyari lagi di tempat laen, siapa tau ada yang lebih cocok lagi di hati gue. Atas saran Kibe, gue pun ngegantungin kembali sweater itu di barisan paling belakang sweater-sweater laen biar ga dibeli orang laen. Cerdas.

Kami bertiga pun ngelanjutin petualangan mencari-barang-inceran. Sedangkan lima temen yang laen (yang satu ga diitung karena dia maennya ama temen-temen SMA-nya) berpisah dari kami bertiga, gara-gara sebagian besar dari mereka belom shalat Dzuhur dan mau shalat dulu. Karena gue ga mau nunggu lama, akhirnya kami harus berpisah.

Backsound: Harus Berpisah - Cakra Khan.

Gue pun nemuin lagi sweater yang menurut gue keren di stan laen, sweater warna item, berkerah biasa, tapi ada [gue ga tau mau nyebutnya apa, intinya warna coklat bahannya kayak kulit gitu] di bagian pundaknya. Karena gue ga suka ama [ga tau mau nyebutnya apa, intinya warna coklat bahannya kayak kulit gitu], serta merknya yang ga terlalu terkenal, sweater itu gue tinggal begitu saja.

Setelah berkeliling cukup lama, gue ga nemu hoodie yang gue pengen, tapi gue beli kaos dua. Setelah bertahun-tahun menunggu, akhirnya gue pun punya kaos distro juga.

Backsound: We Are The Champions - Queen.

Dan gue pun harus nentuin pilihan, beli sweater yang Profider atau yang 17 Sefen. Selama berjalan gue pun berpikir. 'Profider, 17 Sefen, Profider, 17 Sefen, Profider, 17 Sefen, ...' kata gue sambil nyabutin rambut yang tertempel di ketiak kiri mas-mas jangkung berkacamata tadi, karena yang kanan udah dia plesterin. Akhirnya gue mutusin untuk beli sweater yang Profider, karena gue merasa bersalah atas pencabutan-paksa-bulu-ketiak mas-mas official-nya.

Kami bertiga dateng lagi ke stan Profider. Gue ambil sweater-nya (yang alhamdulillah belom digacul orang), gue coba pake, dan cukup (walaupun agak kebesaran). Apa boleh buat, itu ukurannya S, udah paling kecil. Gue pun minta [masih] Kibe untuk mintain barangnya yang baru ke mas-mas official-nya. 'Ga ada, dek. Tinggal yang ini.' kata mas-mas jangkung berkacamata yang kedua keteknya diplesterin. Apa boleh buat, akhirnya gue jadi beli.

'Bonus satu barang, dek, yang harganya di bawah ini. Pilih aja!' kata mas-mas jangkung tadi dengan muka penuh dendam ke gue. Akhirnya gue nyari barang yang harganya beda tipis ama sweater itu, tapi ga nemu, karena gue ga jadi nyarinya. Gue pun nyari kaos raglan di situ, tapi ga nemu, bukan karena gue ga jadi nyari tapi emang ga ada barangnya. Alhasil, gue milih tas selempang warna abu-abu yang di bawahnya ada [gue ga tau mau nyebutnya apa, intinya warna coklat bahannya kayak kulit gitu] atas saran kedua pengawal gue.

Atas jasa Kibe gue jadi beli kaos dan sweater. Dan karena jasa itu, dia diberi gelar "Berjasa" oleh Ruly.

•••

Hari-hari pun berjalan kayak biasa. Sweater baru itu pun udah beberapa kali gue pake ke sekolah, tujuannya cuma satu, pamer.

Boong, bercanda.

Juga beberapa kali gue pake pas hangout. Sampe akhirnya gue kepikir satu hal. Muncul kata-kata di otak gue (gue masih ga tau siapa yang nulis). 'Kayaknya gue salah beli, dah.' muncul kata-kata itu di pikiran gue.

Kata-kata itu terpikirkan karena...

...gue ga suka v-neck.

Cukup. Itu doang alesannya.

Tapi gue ga nyesel udah beli sweater v-neck itu, gue ngerasa ada yang baru di diri gue, gue ngerasa agak sedikit...

...cucok.


PS: Sebelom beli barang itu harus dipikirin dulu, sesuai ama diri loe atau ngga. Apalagi pakaian. Jangan beli karena nafsu dan tujuan pengen pamer. Kalo itu udah dipikirin, pikir lagi. Barang itu bakal dipake pas kapan, jangan gara-gara loe beli kaos yang ga sesuai akhirnya ga dipake ampe dua tahun, ujung-ujungnya cuma bisa dijadiin buat keset. Kalo itu semua udah dipikirin, baru beli. Tapi kalo loe udah terlanjur beli barang yang ga sesuai, yaudah. Apa boleh buat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nonton Stand Up Fest 2015 #2

Sampaikan di Tempat yang Tepat

Artikel Ini Dikejar Umur