Tiduran di Jalan: Part 1

Apa yang lebih sakit dari ga lolos SNMPTN?

Sewaktu gue SMP, gue sempet mikir, ‘buat apa kuliah?’. Gue liat orang-orang yang gue idolakan, toh mereka bisa sukses di pekerjaannya yang ga sesuai ama jurusan pas mereka kuliah. Jadi, buat apa kuliah? Ini pasti ga direkayasa. Ga kayak iklan waktu itu, Obama yang berhasil jadi Presiden Amerika Serikat tahun 2014, tiba-tiba muncul “Obama” di TV ngepromosiin BSI.

Kalo ada yang lupa atau ga tau, bisa liat di sini.

Semakin ke sini-sini, gue mikir lagi. Orang-orang yang gue idolain itu bisa sukses karena dulunya kuliah. Walaupun jurusan pas kuliah ga ada hubungan ama kerjaannya, mungkin perjalanan yang dimulai pas kuliah itu yang menuntun mereka buat sukses. Singkat cerita, akhirnya pas SNMPTN kemarin dengan modal nekat gue milih pilihan pertama gue Fakultas Seni Rupa dan Desain di ITB. Rabu kemarin, adalah pengumumannya. Dan hasilnya....

Ya, Anda benar.

Gue kurang beruntung

Kalo diibaratin, gue udah kayak lagi mendaki Gunung Everest tapi cuma modal berbekal sendal jepit doang.

Malemnya, gue ketemuan ama  Scarlett Johansson Dari Tanah Andalas. Kok gue bikin nama samaran ribet banget ya? Ya udah, kita ganti jadi Doi. Gue ga ngerti, begitu ketemu Doi malem itu berasa udah lama banget ga ketemu, padahal kita terakhir pelotot-pelototan 3 hari sebelumnya. Gue berasa ini lagi di umur 20 tahunan.

Entah kenapa, perasaan gue ga enak. Biasanya kalo gue ngerasain kayak gini, bakal ada hal buruk terjadi. Kalo boleh jujur, gue ngerasa abis malem itu kita ga bakal ketemu-ketemu lagi. Ini gue ngomong beneran, ga kayak iklannya Obama yang BSI. Terlepas dari itu, dia bikin gue tenang.

Keesokan harinya yang bertepatan dengan kemarin, gue berangkat les ke Karadenan pas sore. Seperti biasa, gue telat. Pas gue lagi markir motor dengan mengarah ke jalan, spakbor belakang motor gue tabrakan ama body motor di belakang! Ga kayak biasanya gue seamatir ini. Untungnya, tuh motor ga kenapa-kenapa.

Gue pulang les abis maghrib. Aan, temen sekelas di sekolah maupun di sini, mau beli seblak di BDB 2 buat dimakan di rumah. Berhubung gue pengen juga, gue pengaruhin buat makan di tempat aja, gue temenin. Eh dia mau. Kalo ga ada seblak, beli ramen. Terus kita berangkat ke BDB 2 naik motor masing-masing.

Di jalan, kita keujanan. Ujannya ini epic banget. Tadinya tempat yang kita laluin kering, ga jauh dari situ, ujan deres. Kayak ada pembatas gitu. Masih terbilang 1 daerah, tapi langitnya bisa beda gini? Aan sempet mikir, tadinya pas dia udah ngeliat ujan ini di kejauhan, pas di perbatasan, dia pengen berhenti terus puter balik motornya. Kalo diliat-liat, Aan udah kecanduan iklan kopi.

Begitu sampe BDB 2, ternyata ga ada tukang seblak, ramen juga ga ada. Kita berhenti di tengah jalan sambil ujan-ujanan, ga tau mau kemana. Kalo bawa pecutan, mungkin gue udah ngamen mecutin si Aan.

Akhirnya kita makan mi ayam di deket situ. Selesai makan, ujan ga berhenti-berhenti. Aan bilang, begitu ujannya reda dikit, dia mau langsung jalan pulang. Pas begitu ujannya reda, daripada gue disuruh nyuciin mangkok, mending gue juga pulang. Gue jadi searah ama Aan, dari BDB 2 belok ke kiri demi menghindari banjir.

Gue ngendarain motor dengan penuh kehati-hatian. Takut kejadian kayak orang-orang aja, naik motor pas ujan malah tergelincir. Kaca helm sengaja ga gue tutup, kalo gue tutup malah nambah bikin susah ngeliat. Ujan nambah deres, gue nambah ngebut deketin Aan. Kena tetesan air ujan bertubi-tubi, mata gue serasa lagi dipatokin ayam, akhirnya gue tutup kaca helm. Pas gue udah di samping Aan, gue buka kaca helm terus bilang, ‘Nambah deres, bego!’
‘Buset! Gue ga tau lu ada di belakang. Lewat mana, lu?’
‘Kodim!’
Ternyata ngobrol sambil berkendara di kala ujan sama kayak lagi ngobrol di depan panggung yang lagi dangdutan.

Gue tutup kaca helm lagi. Ada Aan ini, jadi bakal aman-aman aja.

Kita nambah ngebut. Aan nyalip kendaraan di depan lewat kiri, gue ikutin. Kita stuck di belakang truk. Pas jalan udah renggang, Aan nyalip tuh truk lewat kanan, gue ikutin di belakang. Dilanjut nyalip beberapa motor. Ah lega, akhirnya jadi penguasa jalanan juga gue.

Jalan yang lagi dilewatin, lurus-lurus aja. Aan ada di serong depan kiri gue. Kaca helm gue buremnya makin ga karuan, lama-lama makin putih. Tiba-tiba gue keinget Doi, keinget temen-temen, mikirin kuliah, mikirin kerja, terlintas pikiran-pikiran tentang masa depan. Di tengah warna putih yang lagi gue liat, ada cahaya merah.

Apaan ya?


OH IYA! GUE LAGI NAIK MOTOR INI!!!

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nonton Stand Up Fest 2015 #2

Sampaikan di Tempat yang Tepat

Artikel Ini Dikejar Umur