Tips Masuk OSIS

Sebentar lagi kayaknya bukan cuma di sekolah gue, tapi di sekolah-sekolah menengah di seluruh Indonesia bakal diadain pemilihan anggota OSIS baru. Itu artinya masa bakti gue jadi OSIS tinggal sebentar lagi. Buat yang belom tau, di kelas 3 ini gue jadi OSIS. Ngga, gue ga salah ngetik “ISIS”. GUE JADI OSIS!


Setelah beberapa bulan menjabat jadi OSIS, sekarang gue ditunjuk sebagai wakil ketua acara pelantikan OSIS baru. Padahal kerja gue aja di bawah dari kata becus. Contohnya pas tanggal 19 kemaren, gue jadi wakil ketua acara 17-an di sekolah. Yang laen pada sibuk nyiapin lapangan karena sebentar lagi acara dimulai, gue malah sibuk ngelurusin benang kusut yang ada bendera-benderanya padahal ujung-ujungnya ga dipake. Yang laen pada sibuk ngurusin lomba, gue malah makan di pinggir lapangan. Abis shalat Jum’at, yang laen pada ke lapangan lagi, gue malah tidur di ruang OSIS. Biadab abis.

Gue pengen klarifikasi. Itu bukan karena gue males, tapi sebenernya jadi OSIS itu ga gampang. Buat orang baru kayak gue, masuk organisasi ini bakal ngerasain sering capek. Tenaga dan pikiran bakal terkuras lebih cepet dari biasanya. Makanya, buat memulihkan itu semua, gue istirahat dulu sebentar. #pembelaan

Sebagai anggota OSIS yang sukses, di sini gue bukan mau ngasih tau kenapa gue masuk OSIS, tapi gue bakalan ngasih tips ke kalian yang pengen masuk organisasi ini. Hal-hal apa aja yang bisa bikin kamu lolos seleksi. Insya Allah kamu bakal diterima masuk OSIS dan menjadi anggota yang bermartabat.


1. Ganteng

Kegantengan jadi syarat utama dan terpenting buat semua cowok yang pengen masuk OSIS (bahkan organisasi mana pun). Dengan muka ganteng, kamu dapat dengan mudah jadi pusat perhatian banyak orang yang bikin cewek-cewek naksir dan bikin iri cowok-cowok.

Berkat kegantengan juga, kamu bakalan ditaksir sama kakak-kakak OSIS yang cewek. Kalo udah begini, nanti pas rapat peseleksian, mereka bakal berjuang sepenuh hati buat masukin kamu ke dalam OSIS. Mereka bakal bela-belain kamu meskipun harus ngarang cerita, “Udaaah, masukin aja dia. Dia bagus kok kerjanya. Kemaren aja jalan jadi rata karena dia yang ngaspal.”

Itu semua bisa terjadi karena... ganteng. Kenapa bukan “cantik”? Karena biasanya anak cowok ga ada yang ngelakuin hal barusan.

2. Wangi

Hampir sama dengan sebelumnya, dengan wangi kamu dapat dengan mudah jadi pusat perhatian. Kalo kamu lewat di depan orang-orang, yang mereka inget itu baunya. Kalo kamu wangi, kamu akan diinget terus sama orang, sampe akhirnya dia nyari tau siapa kamu. Kalo kamu bau ketek, biasanya dido’ain biar cepet mati.

Dengan wangi, kamu akan diinget terus sama anak-anak OSIS dan biasanya anak yang wangi itu dianggep anak yang baik-baik. Kalo udah gini, nama kamu bakalan sering disebut-sebut pas rapat nanti dan kamu dapat dengan mudah diterima masuk OSIS.

3. Jago Lomba Makan Kerupuk

Bukan cuma penampilan doang yang jadi taraf penilaian jadi OSIS, tapi bakat juga. Dengan kelihaian dan kecepatan yang di atas rata-rata pas ikutan lomba makan kerupuk di 17-an, kamu bakal ngebuat geger satu sekolah. Ga peduli kamu jelek atau emang belom makan dua minggu, nama kamu akan fenomenal dan terus diinget.

Berkat ketenaran inilah kamu jadi diinget terus sama murid, guru, maupun staff TU. Tak luput, anak-anak OSIS. Kamu bakalan sering diomongin pas rapat dan dipertimbangkan matang-matang. Tapi karena ketenaran kamu mengalahkan segalanya, akhirnya kamu bakal diterima masuk OSIS.

4. Berbeda

Yang bisa masuk OSIS itu bukan orang sembarangan. Kamu harus punya sesuatu yang bikin kamu ‘lebih terlihat’ dari yang lain dan bisa diinget terus. Raditya Dika pernah bilang,

“Orang yang lebih jago nulis daripada lo tuh banyak. Orang yang lebih lucu nulisnya daripada lo banyak. Berarti yang harus lo lakukan adalah bukan lebih bagus tulisannya, bukan lebih lucu, tapi lebih beda.”

Intinya, kalo mau bersaing harus punya ciri sendiri yang bisa bikin kamu ‘keliatan’.

Berbeda ini bisa kamu praktekin pas tes wawancara nanti. Kalo ditanya, “Kenapa kamu pengen masuk OSIS?”, jangan jawab, “Karena saya ingin memajukan sekolah bla... bla... bla....” Itu sih udah mainstream banget. Kalo ditanya pertanyaan barusan, yang harus kamu lakukan adalah... gebrak meja, diem sebentar, terus ngomong “Saya muak dengan kegiatan di sekolah ini!” kamu toyor kakak OSIS yang nanya kamu terus lanjutin ngomong dengan berapi-api, “SAYA AKAN PERBAIKI ORGANISASI INI BAGAIMANA SEHARUSNYA! TIDAK AKAN ADA LAGI ORANG-ORANG SEPERTI KALIAN!” jangan lupa, abis itu lari ngibrit sengibrit-ngibritnya kalo masih mau selamet.

5. Punya Temen di OSIS

Temenan sama anggota OSIS itu penting. Lebih bagus lagi kalo dia itu temen baik kamu. Kalo kamu berkelakuan baik dan cocok jadi panutan, kamu bisa diliat langsung sama anak OSIS. Kalo udah gini, temen kamu bakal ngasih alesan kenapa kamu layak jadi OSIS pas rapat nanti dan kamu bakalan disetujui sebagai anggota organisasi ini.

Kalo kamu ga sempet masuk OSIS pas kelas 1, terus ga sempet lagi pas kelas 2, yang harus terus kamu lakuin adalah berperilaku baik. Walaupun kamu bukan OSIS, buktiin kalo perilaku kamu bisa di atas OSIS. Kalo pengen tau seputar OSIS, bisa tanya ke temen-temen kamu yang jadi anggota OSIS. Tanyain enak sama ga enaknya jadi OSIS, OSIS tuh ngapain aja, jadi OSIS digaji atau ngga, kalo jadi OSIS bisa ngekredit motor atau ngga, mending jadi OSIS atau jadi diri sendiri. Baru abis itu kamu minta supaya dimasukin ke dalem OSIS.

Soalnya, gue kurang lebih begitu.



Nah, segitu aja tips yang bisa gue kasih. Gue yakin kalo kalian ikutin dengan baik, langkah kalian menjadi OSIS akan semakin mudah. Semoga kalo kalian udah diterima jadi OSIS bisa membuat perubahan positif bagi sekolah kalian. Dan kalo emang bener kalian diterima masuk OSIS karena tips ini, jangan sungkan-sungkan untuk berterima kasih sama gue.

Bonus: Shawn Mendes with his kecrekan player

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nonton Stand Up Fest 2015 #2

Sampaikan di Tempat yang Tepat

Artikel Ini Dikejar Umur