Artikel Ini Dikejar Umur

Sebelum gua lanjut ngetik, yang harus lu tau, kalo sekarang ini gue lagi kejar-kejaran sama waktu biar ini udah selesai sebelum pukul 00.00. Jadi di postingan kali ini bakal berisi beberapa tentang gue di penghujung umur ke-19 tahun ini. Kalo ini jadi diposting, berarti ini jadi entri gue yang ke-100.


Oke, langsung aja dimulai dari hari ini. Hari ini di mana gue ga tidur sepanjang malem gara-gara nyelesein tugas Statistika Probabilitas (atau bahasa gampangnya "Matematika Level Jahanam") yang dikumpulin pagi ini. Ini jadi pertama dan terakhir kalinya gue begadang ga tidur sebelum kuliah selama umur 19 tahun. Ini juga yang tadi pagi jadi penyebab gue ketiduran di motor waktu berangkat kuliah.

Bener-bener ketiduran.

Untung aja gue langsung kebangun. Akhirnya motor gue ga jadi tabrakan sama gerobak di kiri jalan. Ini jadi satu-satunya gue ketiduran di jalan setelah berkali-kali ngalamin waktu masih semester 1 sama 2. Dulu sampe pernah hampir tabrakan sama motor lain juga gara-gara gravitasi kelopak mata gue ga bisa kompromi.

Puncaknya, waktu kelas matkul (mata kuliah) kedua, gue coba ngerasain jadi DPR buat sehari. Udah sekian lama gue ga tidur di kelas, yang gue inget dulu tuh sering waktu SMA, begitu masuk kuliah mulai tobat. Ini jadi ketiga kali gue tidur di kelas secara berturut-turut sejak Senin kemarin, kecuali Rabu karena gue ga masuk.


Calon DPR milenial.

Sedikit kilas balik juga di hari terakhir gua menjabat sebagai remaja 19 tahun ini adalah pakaian yang gue pake serba item. Kemeja item, celana item, kaos kaki item, sepatu item, tas item, kancut item. Serba item.

Pengeluaran gue buat jajan hari ini:
  • Nasi kuning: Rp4000,00
  • Sprite: Rp7000,00
  • Bakso telor mi campur: Rp10.000,00
  • Patungan beli es Dancow pake Oreo: Rp2000,00
Berarti totalnya adalah dua puluh tiga rebu rupiah.

Lanjut ke bahasan lain, di umur 19 tahun ini gue juga tadinya punya beberapa harapan yaitu nonton konser, ikutan SUCI 9, aktif di komunitas Stand Up Indo Bogor, punya banyak kenalan minimal bisa deket sama Chandra Liow atau Ge Pamungkas, bikin video YouTube, udah punya pengalaman kerja. Tapi semua itu belom kesampaian, apa daya kenyataannya yang gue dapet bukan pengalaman kerja, tapi pengalaman ketiduran di jalan sampe hampir nabrak gerobak.

Harapan lainnya, setelah gue putus pengen punya pacar seenggaknya 6 sebelum gue menikah. Kenyataannya, boro-boro dapet 6 cewek, buat ngobrol 6 menit sama cewek aja gue kebingungan setengah koit dan rasanya waktu berjalan lambat kayak 6 tahun. Bisa-bisa mental gue pun ikut berubah jadi 6 tahun lebih dewasa, yang ada nanti si ceweknya berasa lagi digodain sama om-om kebelet kawin.

Selain harapan, gue pun ada pencapaian di umur 19 tahun ini. Tahun lalu gue menjabat sebagai salah satu anggota Badan Pengurus Himpunan di jurusan, tahun ini pernah jadi vice project officer salah satu agenda di himpunan, salah satu penggerak suporter jurusan, salah satu tim inti panitia Masa Bimbingan jurusan. Setelah demisioner, sekarang jadi anggota sesepuh di himpunan. Bener-bener di luar dugaan semuanya.

Sampe pernah terbesit, gue masuk jurusan ini dan masih bertahan ternyata ada maksudnya ya...

Kakiku hilang.

Ngomongin pergantian umur, gue masih inget jelas waktu semester 1. Waktu itu gue masih rajin dateng pagi-pagi bener, gue lagi jalan di lorong mau ke kelas. Karena dosennya belom ada, temen-temen yang udah dateng pada duduk di depan kelas. Saat gue mendekati kawanan tersebut, satu orang bilang dengan lantang, 'Hepi berddey Junet.', abis itu yang lain nyelametin gue, ada juga yang nyanyi-nyanyi.

Waktu semester 3, beda lagi. Kejadiannya gue lagi syuting buat video profil himpunan (https://www.youtube.com/watch?v=g3GQhTAseBw). Secara tiba-tiba, kepala biro yang lagi ngesyuting gue, Mahdi, itu minta posisi guenya dibalik, jadi gue menghadap yang awalnya jadi latar belakang. Dia yang gue kenal penyabar, jadi emosi ke gue gara-gara salah terus. Gue yang awalnya bereaksi bercanda ke dia, jadi ga banyak tingkah. Gue mikir kedepan, orang kalo emosi, kamera harganya jutaan bisa aja dilempar ke muka orang yang dia sebelin. Gue ga mau jidad gue benjol segede bakpau.

Tapi namanya juga orang baik, Mahdi tetep aja keliatannya ga kayak emosi beneran. Tiba-tiba dari belakang ada suara para abege nyanyiin Happy Birthday sambil bawa kue. Mereka adalah anggota dari Departemen Kesehatan Mahasiswa, departemen gue. Abis kue dipotong, muka gue dicemongin pake krim kuenya. Pokoknya skin care kalah putih dah. Ada salah satu staff, Hasya, bawain gue mangga sekresek gara-gara waktu itu pernah barengan beli jus, dia jus terong belanda, gue mangga. Eh mangganya ketinggalan di sekretariat waktu gue pulang.

Sekarang semester 5, ga tau deh orang-orang bakal ngapain ke gue. Semoga aja gue selamet dan ga kenapa-kenapa. 

Kemaren itu dari malem, gue ga inget tentang ulang tahun gue. Yang ada di pikiran gue cuma gimana caranya nyelesein tuh tugas Matematika Level Jahanam dengan sekejap. Gue bener-bener lupa waktu itu tanggal berapa. Sampe waktu pukul 7 pagi tadi, ada alarm ulang tahun temen gue, kebetulan tanggal lahirnya sama ama gue. Dengan singkat gue menyimpulkan kalo hari itu adalah hari gue ulang tahun.

Kok gue bisa lupa, bener-bener lupa. Gue penasaran, gimana rasanya waktu kita lupa tanggal ulang tahun sendiri. Lalu hari ini baru aja kejadian di gue. Pas gue ga sengaja liat tanggal, eh ternyata masih H-1 gue ulang tahun. Itu alarm di hp gue ternyata bunyinya H-1 dari tanggal ulang tahun. Padahal gue udah seneng, akhirnya bisa lupa kapan gue ulang tahun. Taunya, sampe malem ini gue masih ngetik tentang keulangtahunan gue.

Di umur 19 tahun ini, gue ikut aksi mahasiswa 2 kali. Buat selera musik, akhir-akhir ini gue lagi suka dengerin lagu indie, terutama dari Efek Rumah Kaca, .Feast, Hindia, sama Payung Teduh. Tapi sebelum gue ngindie, gue suka dengerin The Beatles. Yang pake Spotify, bisa save playlist gue namanya "ngihay ngihuy" (tanpa kutip), dijamin lagunya enak-enak.

Beberapa hal terakhir di umur 19 tahun:
  • Makanan terakhir: Sarimi Isi 2 Ayam Kremes
  • Minuman terakhir: Teh Kotak campur susu Ultra Milk Full Cream
  • Film yang gue tonton sampe abis: Yesterday (2019)
  • Video YouTube: 'Cover Up Tattoo' Elimination Challenge Highlight | Battle of the Sexes (Season 12)
  • Postingan Instagram yang gue like: https://www.instagram.com/p/B3tDB6hgPQ6/?igshid=17svdidjqxve4
Oh iya, jadi hari ini gue ganti tas jadi pake tas yang lama gara-gara kemaren itu tas gue yang biasanya gue pake itu bau dan basah pas gue pegang, gue curiganya abis dikencingin kucing.

Sebenernya ada yang pengen gue ceritain sebelum bikin ini sama pengen ngelanjutin part postingan yang sebelum ini juga, tapi gue tunda-tunda terus, sampe akhirnya belom jadi-jadi. Udah banyak nih di sini yang gue sampein, intinya sih ini gue bikin buat bahan nostalgia waktu gue udah jadi tua nanti. Juga buat dibaca anak gue waktu dia umurnya 19 tahun, apaan sih yang bokap gue lakuin waktu umurnya sebaya sama dia. Semoga kamu terinspirasi ya, nak. Walaupun yang bisa diambil cuma hikmahnya.

Harapan gue buat di kepala 2 ini semoga kedewasaan menyambut dengan baik, banyak hal produktif yang bisa gue lakuin, bisa membagi waktu dengan baik dan bijak, tambah banyak pengalaman yang belom pernah sebelumnya, dan bisa membuat banyak karya yang bermanfaat luas. Aamiin.

Beberapa quote yang tercipta saat umur gue 19 tahun:

"Konklusi dari mengkritisi adalah memberikan sebuah solusi."

"Kepura-puraan adalah awal dari kehancuran."

"Di kelas tidur, giliran rapat melek."

Iqbaal Dhiafakhri Ramadhan, 19 tahun, pamit undur diri.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nonton Stand Up Fest 2015 #2

Sampaikan di Tempat yang Tepat