Pos Yang Muncul Setelah Hampir Sebulan Ga Ngepos

Dua minggu yang lalu, empat hari berturut-turut gue ngerjain tugas yang banyaknya minta dicium singa laut belom sikat gigi. Pas Seninnya sampe-sampe gue mesti lembur lagi, alhasil gue cuma tidur satu jam-an. Tugas yang buat hari Selasa gue kerjain pas pagi-paginya, soalnya malemnya gue pake buat membalaskan dendam buat tidur selama mungkin. Ya, semua tugas itu gue kerjakan dengan sistem SKS, lebih tepatnya SKSSP (Sistem Kebut Semalem Sampe Pagi).

Seminggu yang lalu, dari Rabu sampe Jum’at, tiga hari berturut-turut gue dateng ke sekolah kesiangan. Kali ini Dewi Minyak Goreng Fortuna kayaknya udah ga mau nolongin gue. Tiga hari berturut-turut itu pintu gerbang sekolah udah ditutup, jadi gue mesti ditahan dulu bentaran di luar sekolah terus nulis nama ama kelas di kertas, abis itu ntar diabsenin satu-satu terus yang diabsen boleh masuk.

Ribet.

Pas Sabtu kemaren itu sebenernya hari di mana pengambilan nilai UKK pelajaran olahraga. Biasa, renang. Tapi pengumuman buat yang satu ini cukup bikin gue pengen nimpukin siapa aja yang di depan gue pake pupuk kompos. Soalnya buat pengambilan nilai kelas gue baru dikasih tau pas dua hari sebelom hari H, alias pas hari Kamisnya. Sedangkan pas dua minggu sebelomnya, gue udah ada janji ama sodara gue buat pergi ke Bandung di hari Sabtu itu.

Mendadaknya ga lucu abis.

Karena gue ga mau jadwal gue diubah, dengan pinternya, Sabtu lalu gue tetep pergi ke Bandung. Meskipun begitu, gue tetep dapet nilai renang tanpa mesti capek-capek keliatan ngambang dan ngayunin tangan dengan lihainya, padahal yang sebenernya terjadi adalah jalan kaki sambil muter-muterin tangan kayak petarung jalanan amatir yang sekali digetok botol kecap langsung koma.

Kenapa bisa gitu? Mending tanya temen gue.

Setelah melewati dua minggu yang cukup amburadul, sekarang gue dicapek’in dengan tugas Bahasa Indonesia. Bukan disuruh bikin Kamus Besar Bahasa Indonesia versi terbaru, bukan disuruh bikin lagu bahasa Indonesia pake bahasa Inggris, bukan juga disuruh bikin video porno tanpa membuka pakaian. Tugas kali ini adalah...

Bikin cerpen.

Gue bukan capek gara-gara ngetik cerpennya, tapi capek mikirin ceritanya. Iya, ceritanya belom dibuat. Guru gue nyuruh bikin cerpennya minimal 3000 kata. Dan tanpa kita sadari, 3000 ITU BANYAK!!!

2000 lebih banyak dari uang jajan gue pas kelas satu SD.

Kok nyambung-nyambung uang jajan?
Ga ngerti lagi gue.

Intinya, 3000 kata itu banyak.

Temen gue nyaranin cerita yang di blog gue dijadiin cerpen aja. Tapi setelah gue pikir-pikir dengan penuh kesotoyan, ngubah cerita di blog ini yang make bahasa semena-sema dijadiin ke bahasa baku bakalan susah. Takutnya hasil akhirnya bukan jadi cerita pendek bergenre komedi, malah bacaan artikel bergenre ramalan abal-abal yang biasa muncul di hape yang tarifnya 2.200 rupiah per SMS.

Tema buat cerpennya udah gue pikirin, tapi ga bisa gue kasih tau. Soalnya takut diikutin sama temen-temen gue yang baca blog gue. Tentang ceritanya juga, cerita karangan atau pengalaman pribadi udah gue tentuin, tapi ga bisa gue kasih tau juga.

Gue udah nyoba bikin cerpennya tadi, sampe sekarang baru nyampe 624 kata. Ga kurang, ga lebih. Kalo bisa sambelnya banyakin.

Loh?

Cerpen yang gue buat temanya kehidupan remaja gitu, gue juga masukin unsur-unsur komedi di situ. Ceritanya gabungan antara pengalaman pribadi ama karangan sendiri. Tapi yang susah dari pembuatan cerpennya adalah nentuin pesan moral. Gue pengen bikin cerpen yang bukan sekali baca, langsung lewat. Bukan yang banyak kata-katanya, tapi ga ada manfaatnya. Gue pengen bikin cerpen yang tokoh utamanya bukan anak rajin, maupun pinter, tapi di cerita yang gue bikin bisa dipetik amanat yang positif.

Tepuk tangan.

Sekarang gue baru sadar, kalo kebegoan gue baru aja kambuh. Tadi gue bilang ga mau buka-bukaan tentang rencana pembuatan cerpen gue, tapi barusan malah gue jelasin serinci-rincinya. Sebagai calon siswa berprestasi se-Jabodetabek, gue merasa gagal.

Okeh, karena perut gue yang mirip papan nisan udah ga bisa diajak kompromi, gue mau tidur dulu. Tapi sebelom tidur, gue makan dulu. Cerita gue maen di Bandung kayaknya bakal gue ceritain laen kali. Buat kelas 9 yang abis UN, semoga kalian lulus semua, dengan nem di bawah gue. Aamiin.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nonton Stand Up Fest 2015 #2

Sampaikan di Tempat yang Tepat

Artikel Ini Dikejar Umur